Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada anak usia dini di PGIT Umar Bin Khathab Kudus

Fitriyani, Dety (2009) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada anak usia dini di PGIT Umar Bin Khathab Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104099_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104099_Skripsi_Lengkap)
3104099_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di PGIT Umar bin Khathab Kudus.

Adapun manfaat dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi para guru pada umumnya dan guru PAUD pada khususnya. Hal ini mengingat masih minimnya guru PAUD yang memiliki kemampuan sebagai pendidik dalam hal persyaratan, sifat, kepribadian yang dapat menjadikan seorang pendidik mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Di dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode library research atau studi pustaka dan field research atau studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode seperti: metode observasi, metode wawancara atau interview, dan metode dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di PGIT Umar bin Khathab Kudus dilakukan dengan cara memberikan materi-materi yang berguna sebagai bekal anak dalam menjalani kehidupan seperti materi akidah, ibadah dan akhlak. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di PGIT Umar bin Khathab Kudus sudah berjalan dengan baik karena dalam memberikan materi dan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar sudah disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan anak. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di PGIT Umar bin Khathab Kudus yaitu: metode cerita, karyawisata, pengawasan, keteladanan, pembiasaan, dan metode bermain.

Berdasarkan dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik, orang tua, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini; Pembelajaran Agama Islam; Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics