Pengaruh model pembelajaran portofolio terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan ketentuan shalat siswa kelas IV SDN Krobokan Semarang tahun pelajaran 2007/2008
Munir, Ahmad Misbahul (2008) Pengaruh model pembelajaran portofolio terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan ketentuan shalat siswa kelas IV SDN Krobokan Semarang tahun pelajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
3102253_ahmad_misbahul_munir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Ahmad Misbahul Munir ( NIM. 3102253) Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Ketentuan Shalat Siswa Kelas IV SDN Krobokan Semarang, Tahun Pelajaran 2007/2008 (studi eksperimen suatu model pembelajaran). Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, Semarang, 2008.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain randomized group post design bertujuan untuk mengetahui; Pengaruh model pembelajaran Portofolio terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Ketentuan Shalat siswa kelas IV SDN Krobokan Semarang.
Metode pengumpulan data, yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama dan nilai yang akan dijadikan dasar untuk mengetahui nilai rata-rata dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengambil data awal (pre tes) dan data akhir (post tes) tentang kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal PAI pada pokok bahasan Ketentuan Shalat.
Portofolio sebagai model pembelajaran merupakan hasil karya siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru, atau oleh siswa bersama guru sebagai usaha mencapai tujuan belajar yakni kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Portofolio tersebut merupakan bukti tentang kompetensi, pemahaman dan pencapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu.
Kemampuan kognitif mencakup kemampuan menghafal (C1), kemampuan memahami (C2), kemampuan menerapkan (C3), kemampuan menganalisis (C4), kemampuan mensintesis (C5), kemampuan mengevaluasi (C6). Kemampuan kognitif dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal PAI pada pokok bahasan Ketentuan Shalat.
Penelitian ekeperimental ini, membandingkan kemampuan kognitif dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen diberikan (treatment) model pembelajaran portofolio sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil nilai rata-rata post tes kelompok eksperimen adalah 79,27 sedangakan nilai rata-rata post tes kelompok kontrol 63,33 yang kemudian dihitung menggunakan rumus uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan pengaruh positif model pembelajaran portofolio terhadap kemampuan kognitif siswa. Yaitu model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Ketentuan Shalat kelas IV SD Negeri Krobokan Semarang tahun pelajaran 2007/2008.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengelola lembaga pendidikan khususnya tenaga pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Portofolio; Kemampuan kognitif; Siswa; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 04:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11477 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year