Korelasi antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karang Tengah Demak
Mahmudah, Nurul (2008) Korelasi antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karang Tengah Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103013_NURUL MAHMUDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Nurul Mahmudah (NIM: 3103013). Korelasi antara Motivasi keberagaman dengan Kompetensi Kepribadian Guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak. Skripsi. Semarang. Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah hubungan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik korelasional, subyek penelitian sebanyak 35 responden dari guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak, dengan menggunakan teknik random sample. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi keberagamaan guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 2,44. 2) Kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,39. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak yaitu sebesar 57,76% yang ditunjukkan oleh hasil rxy = 0,760 yang menunjukkan signifikan apabila dikonsultasikan dengan r tabel, baik pada taraf 0,01 (0,430) maupun 0,05 (0,334).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru di MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak khususnya dan masyarakat umumnya terutama dalam memberikan dorongan kepada guru untuk mampu menjadi teladan bagi anak didik dan agar senantiasa menjadi pendidik yang dapat digugu dan ditiru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi kepribadian; Guru; Motivasi keberagamaan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 04:41 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 04:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11486 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year