Korelasi antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karang Tengah Demak
Mahmudah, Nurul (2008) Korelasi antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karang Tengah Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103013_NURUL MAHMUDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Nurul Mahmudah (NIM: 3103013). Korelasi antara Motivasi keberagaman dengan Kompetensi Kepribadian Guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak. Skripsi. Semarang. Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah hubungan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik korelasional, subyek penelitian sebanyak 35 responden dari guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak, dengan menggunakan teknik random sample. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi keberagamaan guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 2,44. 2) Kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,39. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak yaitu sebesar 57,76% yang ditunjukkan oleh hasil rxy = 0,760 yang menunjukkan signifikan apabila dikonsultasikan dengan r tabel, baik pada taraf 0,01 (0,430) maupun 0,05 (0,334).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru di MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak khususnya dan masyarakat umumnya terutama dalam memberikan dorongan kepada guru untuk mampu menjadi teladan bagi anak didik dan agar senantiasa menjadi pendidik yang dapat digugu dan ditiru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi kepribadian; Guru; Motivasi keberagamaan |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 02 Jul 2020 04:41 |
| Last Modified: | 02 Jul 2020 04:41 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11486 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
