Implementasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Brebes

Trisnawati, Trisnawati (2008) Implementasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103021_trisnawati]
Preview
Text (skripsi_3103021_trisnawati)
3103021_TRISNAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Trisnawati (NIM: 3103021). Implementasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dalam Pembelajaran PAI di SMA N 1 Brebes. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Bagaimana imlementasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelaljaran PAI di SMA N 1 Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Brebes yaitu; Pertama, guru senantiasa berusaha membangkitkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, drill, dan hafalan; media pembelajaran yang bervariasi, seperti: buku, gambar, VCD, LCD; menggunakan humor pada saat yang tepat; mengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa nyata; menggunakan teknik bertanya. Kedua, berusaha menunjukkan hubungan materi yang dipelajari dengan kebutuhan peserta didik dengan mengungkapkan tujuan pembelajaran, manfaat, dan menunjukkan sikap antusiasme. Ketiga, meningkatkan kepercayaan diri peserta didik akan kemampuannya dengan memberikan harapan keberhasilan, penyusunan pembelajaran secara sistematis dari materi yang mudah ke yang rumit dan berurutan dimana materi yang satu dapat menunjang materi berikutnya, seperti bab thaharah diberikan dahulu sebelum bab shalat dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Keempat, menciptakan kepuasan peserta didik dengan memberikan pujian, memberikan kesempatan menunjukkan kemampuannya, dan kesempatan membantu temannya yang belum menguasai.
Berdasarkan hasil penelitianini diharapkan akan akan menjadi bahan informasi masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:44
Last Modified: 28 Jul 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics