Pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008
Ghoni, Samsul (2008) Pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
3103028_SAMSUL_GHONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Samsul Ghoni (NIM: 3103028). Pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007-2008. Skripsi. Semarang: program strata 1 jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.
Permasalahan: bagaimana hubungan antara persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana (satu prediktor). Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi, serta metode wawancara.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007-2008, untuk mengetahui hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008 dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru berada dalam kategori “cukup”. Dan rata-ratanya adalah 74,753. Berada dalam interval 71-78.
Dan hasil penelitian tentang hasil belajar PAI peserta didik kelas XI melalui metode dokumentasi menunjukkan hasil dengan rata-rata 75.833. berada dalam interval 73-80. dan dikategori dengan nilai “cukup”.
Jadi akhir dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh positif antara persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA negeri 1 Comal kabupaten pemalang tahun ajaran 2007-2008, ditunjukkan dari hasil interpretasi dengan membandingkan Freg = 8.380 > Ft(0,05) = 4.00 dan Freg = 8.380 > Ft(0.01) = 7.31. dengan Freg > Ft(0.05dan0.01). Berarti signifikan dan hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Variasi gaya mengajar; Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 03:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11493 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year