Pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan virus pada siswa kelas x MAN 2 Banjarnegara

Santo, Sih (2008) Pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan virus pada siswa kelas x MAN 2 Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104133_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104133_Skripsi_Lengkap)
3104133_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning di MAN 2 Banjarnegara pada mata pelajaran biologi kelas X pokok bahasan virus. 2) Hasil belajar biologi pokok bahasan virus di MAN 2 Banjarnegara. 3) Pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan virus di MAN 2 Banjarnegara. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah model pembelajaran cooperative learning, sedangkan yang menjadi variabel Y adalah hasil belajar Biologi pokok bahasan virus.
Penelitian ini menggunakan metode survei dan tenik analisis regresi satu prediktor. Populasi penelitian sebanyak 295 orang, kemudian diambil sampel 10% sehingga diperoleh sampel responden sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket untuk menjaring data X (model pembelajaran cooperative learning) dan dokumentasi nilai ulangan harian untuk menjaring data Y (hasil belajar Biologi pokok bahasan virus). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar Biologi pokok bahasan virus. Dari proses penghitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,6918. Melalui uji t diperoleh thitung = 5,0697 > ttabel(0,05)(28) =1,70 dan thitung = 5,0697 > ttabel(0,01)(28) = 2,47 . Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti korelasi antara variabel X dengan Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg = 25,697. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 25,697 > Ft (0.05) = 4,20 dan Freg = 25,697 > Ft (0.01) = 7,64. Dengan demikian Freg > Ft (0.05 dan 0.01). Hal ini berarti penerapan model pembelajaran cooperative learning berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi pokok bahasan virus.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Hasil Belajar; Virus; Biologi SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:21
Last Modified: 01 Oct 2020 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics