Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang

Praseti, Yuyun (2008) Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103101]
Preview
Text (skripsi_3103101)
3103101_Yuyun_Praseti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuyun Praseti (NIM: 3103101) Penerapan Metode Pembiasaan Pada Pembelajaran bagi Anak Tuna Grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang. Skripsi : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang.

Jenis kajian skripsi ini penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan penerapan metode pembiasaan bagi anak tuna grahita dapat dilakukan dengan menyampaikan materi secara berulang-ulang, menggunakan peragaan dan mengulang prosesnya, memberikan dorongan atau motivasi anak untuk mau bertanya dan mengulang, serta melakukan pengawasan. Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDLB/C Widya Bhakti Semarang sudah cukup baik karena telah melibatkan guru dan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan metode pembiasaan telah memberikan pengalaman pada anak tentang ajaran agama Islam. Hal ini menjadi penting karena anak tuna grahita hanya dapat mengetahui apa yang pernah dialami oleh mereka. Dalam pengawasannya tidak hanya menjadi kewajiban guru Pendidikan Agama Islam akan tetapi juga melibatkan wali kelas, guru dan karyawan. Dalam menerapkan kegiatan pembiasaan amalan agama Islam guru memperhatikan pengamalan pada lingkup fiqih serta akhlak yang meliputi shalat berjama’ah dan pembiasaan perilaku terpuji.

Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, khususnya bagi guru di lingkungan sekolah, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan pembiasaan yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembiasaan; Pendidikan Agama Islam (PAI); Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:59
Last Modified: 28 Jul 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics