Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang
Praseti, Yuyun (2008) Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
3103101_Yuyun_Praseti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Yuyun Praseti (NIM: 3103101) Penerapan Metode Pembiasaan Pada Pembelajaran bagi Anak Tuna Grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang. Skripsi : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tuna grahita di SDLB/C Widya Bhakti Semarang.
Jenis kajian skripsi ini penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan penerapan metode pembiasaan bagi anak tuna grahita dapat dilakukan dengan menyampaikan materi secara berulang-ulang, menggunakan peragaan dan mengulang prosesnya, memberikan dorongan atau motivasi anak untuk mau bertanya dan mengulang, serta melakukan pengawasan. Penerapan metode pembiasaan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDLB/C Widya Bhakti Semarang sudah cukup baik karena telah melibatkan guru dan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan metode pembiasaan telah memberikan pengalaman pada anak tentang ajaran agama Islam. Hal ini menjadi penting karena anak tuna grahita hanya dapat mengetahui apa yang pernah dialami oleh mereka. Dalam pengawasannya tidak hanya menjadi kewajiban guru Pendidikan Agama Islam akan tetapi juga melibatkan wali kelas, guru dan karyawan. Dalam menerapkan kegiatan pembiasaan amalan agama Islam guru memperhatikan pengamalan pada lingkup fiqih serta akhlak yang meliputi shalat berjama’ah dan pembiasaan perilaku terpuji.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, khususnya bagi guru di lingkungan sekolah, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan pembiasaan yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pembiasaan; Pendidikan Agama Islam (PAI); Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 03:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11547 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year