Pengaruh metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keterampilan ibadah shalat siswa kelas IV SD Negeri Tempel Kec Wedung, Kab Demak
Muzaka, Ahmad (2008) Pengaruh metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keterampilan ibadah shalat siswa kelas IV SD Negeri Tempel Kec Wedung, Kab Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103108_AHMAD _MUZAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Ahmad Muzaka (NIM. 3103108). Pengaruh Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel, Wedung, Demak. Skripsi Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Untuk mengetahui metode demonstrasi yang diterapkan dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempel Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, (X), 2) Untuk mengetahui sejauh mana ketrampilan ibadah shalat siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempel Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, (Y). 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI terhadap ketrampilan ibadah shalat siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempel Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, (X,Y).
Apakah terdapat pengaruh yang positif antara pelaksanaan metode demonstrasi dalam peningkatan ketrampilan ibadah shalat siswa (X) dengan instrumen pengamatan praktek ibadah shalat siswa (Y) SD Negeri Tempel, Wedung, Demak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 30 responden dari keseluruhan populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket/quesioner untuk menjaring data (X), dan observasi untuk menjaring data (Y).
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan rumus regresi satu prediktor. Dan dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat) mendapat rata-rata 72,6 dan termasuk kategori cukup. Sedangkan variabel Y (Instrumen Pengamatan Praktek Ibadah Shalat) mendapat nilai rata-rata 74,3
Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh yang positif. Pelaksanaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat terhadap Instrumen Uji Amatan Peraktek Ibadah Shalat Hal ini dapat diketahui dari Freg (nilai rasio observasi) yaitu 39,608 yang ternyata lebih besar dari Ftabel (nilai tabel regresi) baik pada tingkat signifikansi 5 % : 4,17 dan 1 % 7,56.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara Pelaksanaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat terhadap Uji Instrumen Pengamatan Peraktek Ibadah Shalat, dalam arti semakin baik cara penyampaian ya dengan Metode Demonstrasi maka semakin baik pula Peraktek Ibadah Shalat.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik baik orang tua maupun guru dalam pembinaan dan pendidikan peraktek ibadah shalat kepada para putra-putrinya agar menjadi anak yang beriman dengan menjalankan Ibadah Shalat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Metode demonstrasi; Pendidikan Agama Islam (PAI); Keterampilan ibadah shalat |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 04:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 04:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11550 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year