Pengaruh tadarus Al Quran terhadap minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits bagi siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun ajaran 2007/2008
Hidayah, Familatul (2008) Pengaruh tadarus Al Quran terhadap minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits bagi siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun ajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103159_FAMILATUL_HIDAYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Familatul Hidayah (NIM: 3103159). Pengaruh Tadarus Al Quran Terhadap Minat Mengikuti Mata Pelajaran Al Quran Hadits Bagi Siswa Kelas X MA AL-ASROR Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan Tadarus Al Quran, 2) Minat Mengikuti Pelajaran Al Quran Hadits, dan 3) Pengaruh Tadarus Al Quran Terhadap Minat Mengikuti Mata Pelajaran Al Quran Hadits Bagi Siswa Kelas X MA AL-ASROR Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2007/2008.
Sampel penelitian diambil dari siswa berjumlah 40 orang, yaitu 25% dari populasi sebesar 160 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu tadarus Al Quran sebagai variabel bebas atau independent (X) dan minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits sebagai variabel terikat atau dependent (Y). Sedangkan pengumpulan data untuk kedua variabel tersebut menggunakan instrumen penelitian (angket).
Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik korelasi diperoleh hasil yang disesuaikan dengan rtabel, pada taraf signifikasi 1% (0,403) maupun 5% (0,312) dengan nilai koefisien korelasi = 0,576; dan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi dengan menggunakan rumus y = a atau Y- = a (X- ) diperoleh persamaan regresi Y= 0,683 +13,205. Hasil analisis data diperoleh Freg = 18,836 lebih besar dari Ftabel, baik pada taraf signifikasi 1% (7,31) maupun 5% (4,08). Kebenaran hasil analisis di atas dibuktikan melalui Uji t dengan hasil T = 4,340 lebih besar dari ttabel, baik pada taraf signifikan 5% (38) = 2,030 maupun 1% (38) = 2,724.
Hasil tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh positif tadarus Al Quran terhadap minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits bagi siswa kelas X MA Al-Asror yang membuktikan hipotesis yang ada dapat diterima dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Saran penulis adalah guru pelajaran Al Quran Hadits perlu mempertahankan serta meningkatkan penggunaan tadarus Al Quran dan minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits. Demikian juga guru mata pelajaran lain (non Al Quran Hadits) juga menggunakan metode ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tadarus Alquran; Motivasi belajar; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 06:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 06:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11568 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year