Pengaruh pembiasaan tadarus al-Qur'an terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan

Aslamah, Siti (2008) Pengaruh pembiasaan tadarus al-Qur'an terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103160_siti_aslamah]
Preview
Text (skripsi_3103160_siti_aslamah)
3103160_SITI_ASLAMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Aslamah (NIM: 3103160). Pengaruh Pembiasaan Tadarus al-Qur'an Terhadap Kedisiplinan Belajar PAI Siswa di SMA YATPI Godong Grobogan. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan tadarus al-Qur'an di SMA YATPI Godong Grobogan, untuk mengetahui pelaksanaan kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiasaan tadarus al-Qur'an terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan.
Penelitian ini menggunakan metode field research dengan tehnik analisis regresi sederhana (satu predictor). Sampel penelitian diambil dari 45 siswa dari populasi 455 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi antara pembiasaan tadarus al-Qur'an dengan kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan, dengan hasil koefisien korelasi, r xy = 0,499 > 0,294 pada taraf 5%, berarti signifikan, dan r xy = 0,499 > 0,380 pada taraf 1%, berarti signifikan. (2) terdapat pengaruh pembiasaan tadarus al-Qur'an terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan, dengan hasil Fhitung = 14,31 > 4,07 = F(0,05;1,43) = signifikan, dan Fhitung = 14,31 > 7,27 = F(0,01;1,43) = signifikan.
Jadi akhir dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh positif antara pembiasaan tadarus al-Qur'an terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa di SMA YATPI Godong Grobogan, yaitu dilihat dari nilai Freg > Ft 5 % dan Freg > Ft 1 %, berarti signifikan dan hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tadarus Alquran; Kedisiplinan belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2020 06:29
Last Modified: 16 Jul 2020 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics