Implementasi cooperative learning dengan metode bertukar pasangan dalam kelompok diskusi serta pemanfaatan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII A semester genap MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun pelajaran 2007/2008

Luthfah, Farida (2009) Implementasi cooperative learning dengan metode bertukar pasangan dalam kelompok diskusi serta pemanfaatan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII A semester genap MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun pelajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_03104304_Farida_Luthfah]
Preview
Text (SKRIPSI_03104304_Farida_Luthfah)
3104304_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktifitas belajar peserta
didik, (2) mengetahui prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII A
MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak melalui cooperative learning dengan
metode bertukar pasangan dalam kelompok diskusi serta pemanfaatan alat peraga
pada materi bangun runag sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII A MTs Miftahussalam 1
Wonosalam Demak dengan jumlah peserta didik sebanyak 48 anak.
Proses penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Pelaksanaan siklus I sudah
direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari
siklus I dan pelaksanaan siklus III adalah hasil refleksi dari siklus II.
Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara
langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus.
Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil
dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan
terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian,
hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 75 % dengan nilai rata-rata
kelas sebesar 67,42, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,66 % dengan
rata-rata kelas sebesar 73,33, sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar telah
mencapai 100 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 89,98. dari hasil penelitian
yang diperoleh berarti terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan
ketuntasan 16,66 % dan rata-rata sebesar 5,91, sedangkan peningkatan dari siklus
II ke siklus III dengan ketuntasan 8,34 % dan rata-rata sebesar 16,65.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi
dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua
pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning; metode alat peraga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 03 Jul 2021 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics