Studi kebijakan pemerintah tentang undang-undang guru dan dosen dan relevansinya terhadap kompetensi guru PAI : telaah Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Maftuhin, Maftuhin (2008) Studi kebijakan pemerintah tentang undang-undang guru dan dosen dan relevansinya terhadap kompetensi guru PAI : telaah Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103233_maftuhin]
Preview
Text (skripsi_3103233_maftuhin)
3103233_MAFTUHIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maftuhin (3103233) : Studi Kebiujakan Pemerintah Tentang Undang-ungdang Guru dan Dosen dan Relevansinya Terhadap Kompetensi Guru PAI (Telaah Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen). Skirpsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Walisongo Semarang, 2008.
Dalam penelitian ini rumusan permasalahan yang diangkat adalah 1) Bagaimana kebijakan pemerintah dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2) Bagaimana relevansi kebijakan pemerintah dalam UU No. 14 Tahun 2005 terhadap peningkatan kompetensi guru PAI.
Dari rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.2)Untuk mengetahui relevansi kebijakan pemerintah dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru terhadap peningkatan kompetensi guru PAI.
Penelitian ini merupakan naskah atau penelitian kepustkaan (library research). Data penelitian yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan content analisis, analisis deduktif dan reflektif thingking .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) Point penting yang dapat diambil dari dalam Kebijakan Pemerintah tentang Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah diperlukan sumber manusia guru yang handal yang mempunya beberapa kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi, sehingga tercipta pendidikan yang arahnya menuju terciptanya tujuan pendidikan yang diharapkan. 2) Relevansi kompetensi guru PAI dengan dalam Kebijakan Pemerintah tentang Undang-Undang Replublik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen bahwa guru PAI dalam wujud profesinalitasnya harus dapat mempunyai beberapa kemampuan dalam menunjang proses pembelajarannya, sehingga nantinya seorang guru dapat mendapatkan kewajibannya sebagai pendidik dengan fasilitas yang berhak di dapatkan guru. Kemampuan yang harus dimiliki guru sebagai tugas suci dalam amelanjutkan proses generasi Islam kearah tujuan pendidikan seabagai khalifah dan abdi Allah SWT juga merupakan tuntutan dalam ajaran islam yang menjujungg tinggi keahlian dan kemmpuan seseorang dalam menjalankan pekerjaannya agar tidak keluar dari jalur, karena pada dasarnya tidak ada di dunia ini menjadi baik tanpa adanya pengelolaan pembelajaran yang baik dari pengajar
Berdasarkan hasil penelitian ini daharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Kebijakan pemerintah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:34
Last Modified: 28 Jul 2021 05:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics