Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang Tahun Ajaran
Hasanah, Uswatun (2012) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang Tahun Ajaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911198_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (888kB) | Preview
093911198_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
093911198_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
093911198_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
093911198_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
093911198_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093911198_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun ajaran 2011/ 2012. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran aqidah akhlaq yang menggunakan berbagi metode efektif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kondusif. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan perhatian belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang (2) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang? (3) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di III MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang di analisis selama dua siklus.
Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran aqidah akhlaq materi perilaku akhlak terpuji dan menghindari akhlaq tercela mampu meningkatkan perhatian belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. (2) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran aqidah akhlaq materi perilaku akhlak terpuji dan menghindari akhlaq tercerla mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pendalaman materi yang diajarkan. (3) Ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi Perilaku Akhlak terpuji dan menghindari Akhlaq tercela dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dimana pada pra siklus ada 13 siswa atau 44,83% naik menjadi 19 siswa atau 65,52% pada siklus II dan pada tindakan siklus II tingkat ketuntasan sudah mencapai 25 siswa atau 86,21.
Dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik tersebut maka dapat berarti pula pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan pada materi lainnya namun dengan variasi yang berbeda agar tidak selalu monoton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak; Contextual Teaching and Learning (CTL); Metode Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 08:25 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 08:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1164 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year