Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang Tahun Ajaran

Hasanah, Uswatun (2012) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang Tahun Ajaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911198_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911198_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911198_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911198_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911198_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911198_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911198_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 093911198_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911198_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun ajaran 2011/ 2012. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran aqidah akhlaq yang menggunakan berbagi metode efektif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kondusif. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan perhatian belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang (2) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang? (3) Apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kec. Limpung Kab. Batang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di III MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang di analisis selama dua siklus.
Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran aqidah akhlaq materi perilaku akhlak terpuji dan menghindari akhlaq tercela mampu meningkatkan perhatian belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. (2) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran aqidah akhlaq materi perilaku akhlak terpuji dan menghindari akhlaq tercerla mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pendalaman materi yang diajarkan. (3) Ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi Perilaku Akhlak terpuji dan menghindari Akhlaq tercela dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dimana pada pra siklus ada 13 siswa atau 44,83% naik menjadi 19 siswa atau 65,52% pada siklus II dan pada tindakan siklus II tingkat ketuntasan sudah mencapai 25 siswa atau 86,21.
Dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik tersebut maka dapat berarti pula pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan pada materi lainnya namun dengan variasi yang berbeda agar tidak selalu monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Contextual Teaching and Learning (CTL); Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:25
Last Modified: 23 Dec 2013 08:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics