Aisah, Siti (2008) Terapi applied behaviour analysis (ABA) untuk anak autis di SLB Negeri Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103077 Siti Aisah]
Preview
Text (Skripsi 4103077 Siti Aisah)
4103077_Siti_Aisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Namun, saat ini pertumbuuhan dan perkembangana anak-anak banyak mengalami gangguan, tidak hanya masalah kesehatan fisik, tetapi juga gangguan psikis. Masalah-masalah tersebut diakibatkan karena semakin tercemarnya lingkungan hidup. Salah satu gangguan pada anak-anak yang patut mendapat perhatian khusus dari semua kalangan adalah gangguan perkembangan mental yang dikenal dengan istilah Autisme. Autisme merupakan gangguan penyimpangan perkembangan social, kemampuan berbahasa dan kepedulian terhadap lingkunagan sekitar, sehingga anaka autis seperti hidup dalam dunianya sendiri. Anak autis memiliki kelainan emosi, intelektual dan kemauan (gangguan persuasif). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari jawaban pokok permasalahan yaitu; untuk mengetahui terapi Applied Behaviour Analysis (ABA) untuk anak autis dan terapi ABA untuk anak autis di SLB Negeri Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisa deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode ini dianggap sesuai untuk menggali, mengolah dan menganalisa data.
Tehnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah; observasi yaitu peneliti terjun langsung kelapangan yang dalam hal ini peneliti ikut bergabung menjadi asisten terapis di SLB Negeri Jepara. Interview di gunakan untuk menggali informasi dari berbagai sumber, dan dokumentasi di gunakan untuk mengumpulkan data tentang keadaan siswa autis, proses terapi, dan keadaan yang ada di SLB Negeri Jepara
Sebagai kesimpulan ahir dari penelitian ini, tentang pelaksanaan terapi ABA untuk anak autis di SLB Negeri Jepara menurut pangamatan penulis belum-lah maksimal, hal ini lebih dikarenakan terapi tersebut baru berjalan sekitar dua tahunan, sedangkan idealnya terapi ABA akan terlihat hasilnya setelah lima tahun proses terapi yang dilakukan secara konsisten. karena pada dasarrnya autisme merupakan gangguan neurology yang menghambat perkembangan berkomunikasi dan hubungan social anak (yang tingkatannya tidak sama antara yang satu dengan yang lain). Pada dasarnya terapi ABA adalah terapi yang memberikan stimulus atau berupa intruksi pada siswa, stimulus ini mungkin di ikuti oleh prompt untuk menimbulkan respon yang dimaksud, terapis merespon dengan memberi imbalan terhadap respon siswa yaitu dengan memberikan hadiah jika benar dan mengatakan “tidak” jika salah, beri tenggang waktu/interval sebelum memberikan uji coba berikutnya. Setelah uji coba ini di ulang beberapa kali (1, 2, 3 + prompt + imbalan, 1, 2, 3, + prompt + imbalan), anak mungkin akan memberikan respon yang benar atau setengah benar setelah intruksi pertama atau kedua. Contohnya pada intruksi “tiru” untuk menirukan gerakan tangan keatas, anak mulai mengangkat tangannya setengah jalan. Respon yang benar segera beri imbalan. Respon yang setengah benar segera lakukan prompt, lalu beri imbalan. Setelah memberikan imbalan tersebut (pada respon benar/setengah benar + prompt), hitungan kembali ke intruksi pertama. Begitu seterusnya sampai siswa benar-benar bisa merespon dengan spontan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak autis; Terapi perilaku; Applied behaviour analysis; Sekolah luar biasa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:46
Last Modified: 16 Sep 2020 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics