Kehidupan sosial keagamaan anggota LDII di Desa Cokroyasan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo

Ashfihani, Jauhar (2007) Kehidupan sosial keagamaan anggota LDII di Desa Cokroyasan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 4101046_Jauhar Ashfihani_Skripsi Lengkap]
Preview
Text (4101046_Jauhar Ashfihani_Skripsi Lengkap)
4101046_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ajaran LDII (2) Kehidupan Sosial Keagamaan Anggota LDII dengan non LDII di Desa Cokroyasan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan ( Field Research) dan metode kepustakaan (Library Research). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif sedangkan data penelitiannya menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) merupakan sebuah lembaga keislaman sekaligus merangkap sebagai organisasi kemasyarakatan yang berpedoman pada Al Quran dan Hadits. Tujuan utama dari munculnya LDII adalah ingin mengembalikan ajaran Islam sesuai Al qur’an dan Hadits. Mereka menganggap Islam di Indonesia sekarang ini telah bercampur dengan kebudayaan nenek moyang. (2) Kehidupan sosial keagamaan anggota LDII dengan non LDII (NU dan Muhammadiyah) di desa Cokroyasan dalam hal pernikahan, silaturahim dan shalat berjama’ah sama seperti apa yang telah dilakukan oleh organisasi Islam lainnya dalam hal aturan maupun ketentuannya, meskipun dalam pelaksanaannya beberapa hal yang berbeda akan tetapi semuanya sesuai ajaran Al Qur’an dan Hadits.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aliran sosial; Sekte keagamaan; Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.8 Islamic sects > 297.83 Other sects
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 14 Jul 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics