Peran Tingkat Pendidikan dan Keikutsertaan Kajian Fiqih pada Praktik Filantropi

Purwatiningsih, Aris Puji and Adinugraha, Hendri Hermawan and Anas, Ahmad (2018) Peran Tingkat Pendidikan dan Keikutsertaan Kajian Fiqih pada Praktik Filantropi. Al-Urban : Jurnal Ekonomi Syariah & Filantropi Islam, 2 (1). pp. 24-31. ISSN 2580-3360 (print); 2581-2874 (online)

[thumbnail of Peran_Tingkat_Pendidikan.pdf]
Preview
Text
Peran_Tingkat_Pendidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (396kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/al-urban/in...

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sungguh-sungguh dan terus-menerus untuk meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan bisa diselenggarakan secara formal dan non-formal. Dengan meningkatkan tingkat pendidikan seseorang diharapkan akan semakin membuka cara fikir dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Salah satu wadah pembinaan nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat ialah dibentuknya majelis kajian fiqih. Karena pada majlis tersebut membahas semua masalah keagamaan, termasuk di dalamya masalah fiqih. Oleh karenanya, jika seseorang mengikuti kajian fiqih, diharapkan dapat meningkatkan pemahamannya tentang fiqih, khususnya fiqih mu’amalah, maka ia akan semakin menyadari bahwa harta yang ada padanya adalah titipan Allah dan terdapat hak-hak orang lain di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan seseorang dan intensitas mengikuti kajian fiqih seseorang terhadap praktik filantropi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota kajian fiqih pada masjid Darussalam, al-Muslihun, dan yasin-tahlil Ibu Sulkhan sebanyak 70 orang, dengan metode total sampling melalui kuesioner dan diolah dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan intensitas memberikan pengaruh terhadap praktik filantropi. Tingkat pendidikan formal berpengaruh negatif, pendidikan formal dan intensitas mengikuti kajian fiqih berpengaruh positif terhadap filantropi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Education levels; Participating fiqh study intensity; Philanthropy practices
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Artikel Jurnal (Journal Articles)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:52
Last Modified: 08 Oct 2020 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics