Pemanfaatan Alat Peraga Video Compact Disc (VCD) pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas I Materi Gerakan Shalat Fardlu di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak

Ayati, Nur (2012) Pemanfaatan Alat Peraga Video Compact Disc (VCD) pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas I Materi Gerakan Shalat Fardlu di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911204_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911204_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911204_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911204_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911204_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911204_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911204_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 093911204_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911204_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penggunaan alat peraga secara integral dalam proses belajar mengajar. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih sehingga tidak kelihatan kreatif dan variatif, serta menjadikan proses pembelajaran monoton. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) Alat peraga VCD pada mata pelajaran Fiqih materi gerakan shalat fardlu di MI Tarbiyatul Athfal kelas I Kauman Wedung Demak. (2) Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan alat peraga VCD pada mata pelajaran Fiqh materi gerakan shalat fardlu di MI Tarbiyatul Athfal kelas I Kauman Wedung Demak. (3) Pemanfaatan alat peraga VCD pada mata pelajaran Fiqih materi gerakan shalat fardlu di MI Tarbiyatul Athfal Kelas I Di Kauman Wedung Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan teknik analisis deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan telaah pustaka.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Alat peraga Video Compact Disc (VCD) adalah serangkaian alat bantu dalam lingkaran pembelajaran yang dapat membantu untuk merangsang dan memotivasi siswa dalam menyerap materi pembelajaran secara keseluruhan yaitu yang meliputi pendengaran dan penglihatan sehingga prosesnya menjadi lebih efektif. Penggunaan alat peraga VCD pada mata pelajaran fiqih merupakan suatu upaya untuk membantu guru dalam mengajar dan sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi fiqih. (2) Faktor pendukung dalam pemanfaatan alat peraga VCD pada materi Fiqih adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, keberadaan siswa, guru pelaksana sekaligus pengguna alat peraga VCD dalam proses pembelajaran, kecakapan guru dalam bidang teknologi, sarana dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya SDM yang berasal dari guru. keterbatasan dana, kemudian potensi dan karakteristik siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda sehingga membuat guru harus berusaha secara maksimal untuk menanganinya secara adil. (3) Pemanfaatan alat peraga VCD pada mata pelajaran Fiqih materi gerakan shalat fardlu di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak adalah dimulai dengan persiapan/perencanaan yang dibuat oleh guru mata pelajaran Fiqih, seperti penyusunan RPP dan mempersiapkan kelas. Secara umum pelaksanaan pemanfaatan alat peraga VCD pada mata pelajaran Fiqih materi gerakan shalat fardlu di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak sudah menunjukkan adanya pelaksanaan yang baik, artinya pelaksanaannya berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Belajar; Pelajaran Fiqih; Shalat Fardlu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:30
Last Modified: 23 Dec 2013 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics