Studi tentang metode belajar mudzakarah di madrasah diniyah awaliyah pondok Pesantren raudlotul qur’an Mangkangkulon Semarang
Kumudaningsih, Kumudaningsih (2007) Studi tentang metode belajar mudzakarah di madrasah diniyah awaliyah pondok Pesantren raudlotul qur’an Mangkangkulon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3100022fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (918kB) | Preview
Abstract
Dasar pembentukan metode belajar mudzakarah sebagai salah satu model belajar di Madrasah Diniyah Awaliya Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon adalah pentingnya aplikasi metode ini dalam pembelajaran di madrasah diniyah. Manfaat dan kelebihan yang didapat dari metode ini: Santri lebih terdorong untuk mempelajari kitab-kitab Islam klasik secara lebih mendalam. Santri terlatih dalam memecahkan masalah-masalah dengan menggunakan kitab-kitab yang tersedia. Kemampuan santri dapat diukur dan dinilai yang oleh seorang ustadz. Dengan indikasi, bahwa santri secara langsung menjawab permasalahan atau persoalan yang diajukan. Pemahaman santri terhadap kitab-kitab Islam klasik dapat dievaluasi. Tentu saja, karena dengan metode mudzakarah ini santri langsung belajar dan diuji
kemampuan pemahaman mereka mengenai kitab-kitab Islam klasik, seperti: fiqih, tauhid, nahwu dan lain sebagainya. Kyai dapat mengetahui santri-santrinya yang dianggap kompeten, sehingga santri tersebut dapat diangkat menjadi pengajar kitab-kitab Islam klasik.
Pelaksanaan metode belajar mudzakarah di Madrasah Diniyah Awaliyah Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon adalah 3 kali dalam seminggu yaitu dilaksanakan mulai jam 15.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Adapun pelaksanaan mudzakarah itu mulai jam 21.00 s/d 22.00 maksimal 1 minggu 3 kali, yaitu malam Ahad, malam Senin dan Malam Kamis. Metode mudzakarah ini ditetapkan untuk semua materi pelajaran. Setiap santri dituntut atau diharapkan untuk melakukan latihan terhadap mata pelajaran yang dipelajari seperti: nahwu, sharaf, tajwid, tauhid, fiqih dan lainnya.
Dimana skripsi ini menggunakan metode metode observasi, metode Wawancara, Metode Dokumentasi, sedangkan Metode Analisis Data adalah metode deskriptif dan metode deduktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok pesantren; metode belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Chusnul Adib Achmad |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 05:19 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 05:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11801 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year