Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri di Sekolah Alam Ungaran

Wahid, Abdul (2017) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri di Sekolah Alam Ungaran. Research report (Laporan penelitian). IAIN Walisongo, Semarang.

[thumbnail of Laporan Penelitian Abdul Wahid]
Preview
Text (Laporan Penelitian Abdul Wahid)
Laporan Penelitian_Abdul Wahid_2017.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah kondisi
kebangsaan, dimana semangat kemajemukan mulai
memudah. Munculnya gerakan dan kelompok radikal, yang
hendak memaksakan kehendak telah menjadi kecemasan di
kalangan masyarakat. Sikap ini dapat mengakibatkan
disharmoni dalam kehidupan bermasyarakat. Pada
gilirannya, jika sikap ini tidak segera direspons dengan
baik, dan justru semakin membesar maka akan menjadi
ancaman serius bagi kesatuan bangsa. Dalam kondisi
semacam ini memaknai kembali nilai toleransi menjadi
sebuah keharusan.
Penelitian deskriptif-kualitatif yang berjudul
Penanaman Nilai-nilai Toleransi Melalui Pembelajaran
Berbasis Inkuiri di Sekolah Alam Ungaran ini bertujuan
mengetahui (1) Model pembelajaran berbasis Inkuiri di
Sekolah Alam Ungaran, dan (2) Strategi penanaman nilainilai

toleransi melalui pembelajaran berbasis Inkuiri di
sekolah alam Ungaran.
Metode penggalian data menggunakan observasi,
dokumentasi dan wawancara mendalam dengan teknik
snowball. Sumber data penelian mencakup warga sekolah;
kepala sekolah, guru, peserta didik, orangtua serta
masyarakat sekitar. Untuk keabsahan data digunakan teknik
triangulasi sumber dan metode.
Temuan di lapangan menunjukkan bahwa Model
pembelajaran berbasis Inkuiri ini menerapkan metode
pengintegrasian antar materi spider-web atau jaring labalaba serta pembelajaran tematik. Metode yang dikembangkan berupa keteladanan, pembiasaan, metode
bahasa ibu dan belajar bersama alam. Lingkungan fisik dan
non-fisik dioptimalkan sebagai sarana sekaligus sumber
belajar. Sedangkan penanaman nilai toleransi ditanamkan
melalui berbagai kegiatan seperti; (1) Pengembangan Diri dalam bentuk kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan,
pengkondisian; (2) Pengintegrasian ke dalam mata
pelajaran, serta (3) Membangun budaya sekolah.

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Inkuiri; Sekolah Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:08
Last Modified: 03 Dec 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics