Studi komparatif terhadap delik perzinahan menurut hukum pidana Islam dan hukum pidana positif : PS 284 KUHP

Muhtadin, Moh. Isnaini Sabilal (2008) Studi komparatif terhadap delik perzinahan menurut hukum pidana Islam dan hukum pidana positif : PS 284 KUHP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2102027_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_2102027_SKRIPSI_LENGKAP)
2102027_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Delik perzinahan merupakan tindak pidana yang tanpa kita sadari sering terjadi dalam kehidupan masyarakat sekitar kita, akan tetapi sanksi pidana yang diberikan belum bisa menjerat semua pelaku kejahatan perzinahan.
Dlam hukum Islam pelaku kejahatan perzinahan dibedakan menjadi dua, yaitu pelaku zina muhson dan ghoiru muhson, dimana kedua pelaku perzinahan ini mempunyai sanksi hukum yang berbeda dalam penetapannya.
Sedangkan dalam hukum positif pelaku perzinahan bisa dikenai sanksi apabila keduanya atau salah satunya telah pernah menikah/ memiliki iaktan perkawinan yang sah. Sedangkan apabila keduanya masih jejaka dan perawan melakukan persetubuhan yang dilakukan suka sama suka, maka dalam KUHP tidak bisa menjerat pelaku persetubuhan tersebut.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisa komparatif menurut hukum Islam dan KUHP mengenai perzinahan yang kemudian dipadukan untuk dijadikan masukan dalam perumusan KUHP dalam tindak pidana perzinahan.
Jenis penelitian ini adalah jenis peneliitan kepustakaan (library research). Data-data yang ada dalam skripsi ini merupakan data pustaka yang dapat berupa buku-buku, makalah-makalah, jurnal, kitab undang-undang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masalah yang dikaji.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yaitu, pendekatan yang didasarkan pada dalil-dalilnormatif yang ada dalam Al-Qur’an dan haditsserta pendapat para fuqaha dan juga yang terdapat dalam kitab undang-undang hukum pidana (KUHP).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zina; Pidana islam; Pidana positif; PS 284 KUHP
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 04 Dec 2020 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics