Studi terhadap analisa pembiayaan murabahah di BPRS PNM Binama Semarang

Atmaji, Luthfan (2008) Studi terhadap analisa pembiayaan murabahah di BPRS PNM Binama Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305009_Luthfan_Atmaji]
Preview
Text (TA_D3_2305009_Luthfan_Atmaji)
2305009_LUTHFAN_ATMAJI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (904kB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan salah satu sumber pendapatan utama BPRS. Pembiayaan ini lebih sering digunakan karena sederhana dalam hal administrasi dan memberi banyak manfaat, salah satunya adalah keuntungan yang muncul dari selisih harga beli obyek murabahah dengan harga jual obyek ke nasabah. Namun demikian, pembiayaan ini juga memiliki resiko yang mungkin timbul, diantaranya seperti nasabah tidak amanah, ataupun fluktuasi harga obyek murabahah yang dapat merugikan pihak BPRS. Untuk itulah diperlukan analisa terhadap setiap aspek dari pembiayaan murabahah.
Dalam hal ini kami melakukan penelitian yang berjudul ”Studi Terhadap Analisa Pembiayan Murabahah di BPRS PNM Binama Semarang”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui teknis pembiayaan murabahah serta analisa yang dilakukan dalam proses pemberian pembiayan murabahah di BPRS PNM Binama Semarang. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan, dengan menggunakan data primer dan data sekunder, serta menggunakan metode analisa data deskriptif.
Pembiayaan murabahah diterapkan dengan cara pihak BPRS membiayai pembelian barang yang dibutuhkan nasabahnya baik berupa barang habis pakai maupun barang tetap yang digunakan untuk keperluan konsumtif maupun produktif. Proses pemberian pembiayaan ini melalui beberapa tahapan mulai dari pengajuan permohonan pembiayaan, analisa pembiayaan, persetujuan komite pembiayaan sampai pada realisasi pembiayaan.
Dalam tahapan analisa pembiayaan, pihak BPRS menggunakan prinsip kehati-hatian terhadap pembiayaan yang diberikan. Tahap ini merupakan langkah pihak BPRS untuk memperoleh keyakinan bahwa calon nasabah pembiayaan mampu dan mau dalam mengembalikan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Murabahah; BPRS; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:44
Last Modified: 04 Dec 2020 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics