Analisa penerapan prinsip mudharabah pada deposito di PT BPRS Artha Surya Barokah Semarang

Abaway, Sunanta Farkhan (2008) Analisa penerapan prinsip mudharabah pada deposito di PT BPRS Artha Surya Barokah Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305012_Sunanta_F_Abaway]
Preview
Text (TA_D3_2305012_Sunanta_F_Abaway)
2305012_SUNANTA_FARKHAN_ABAWAY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mudharabah adalah akad kerja sama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shahibul maal) menyediakan seluruh (100%) modal, sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola. Keuntungan yang didapat akan dibagi antara shahibul maal dengan mudharib berdasarkan proporsi yang telah disepakati sebelumnya. Kerugian yang didapat akan ditanggung sendiri oleh shahibul maal atau investor. Pada akad mudharabah ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar perjanjian ini tidak cacat.
Penerapan mudharabah ini dapat dilakukan pada pembiayaan maupun penghimpunan dana. Pembahasan kali ini hanya terbatas pada penghimpunan dana di PT BPRS Artha Surya Barokah. Penghimpunan dana adalah salah satu perndapatan bagi BPRS selain dari pemegang saham. Dalam hal penghimpunan dana BPRS menggunakan tabungan dan deposito.
Pembahasan yang dilakukan penulis akan lebih difokuskan kepada deposito, yaitu pada prosedur deposito di PT BPRS Artha Surya Barokah Semarang dan Apakah deposito di PT BPRS Artha Surya Barokah Semarang itu sudah menerapkan prinsip mudharabah. Selanjutnya dengan adanya pembahasan ini dapat diketahui prosedur deposito di PT BPRS Artha Surya Barokah dan penerapan mudharabah pada deposito di BPRS Artha Surya Barokah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah; Deposito; BPRS; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:55
Last Modified: 04 Dec 2020 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics