Aplikasi layanan BSM mobile banking general package radio services (GPRS) (BSM MBG) sebagai implementasi akad wakalah di kantor kas Bank Syari'ah Mandiri (BSM) Cabang Semarang

Rubiati, Sri (2008) Aplikasi layanan BSM mobile banking general package radio services (GPRS) (BSM MBG) sebagai implementasi akad wakalah di kantor kas Bank Syari'ah Mandiri (BSM) Cabang Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503033_Sri_Rubiati]
Preview
Text (TA_D3_052503033_Sri_Rubiati)
052503033_SRI_RUBIATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (570kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini banyak sekali bermunculan bank-bank yang mengusung konsep syariah dalam sistem operasionalnya. Dengan diberlakukannya undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu Undang-Undang No. 7 tahun 1992 yang di-ressufle oleh Undang-Undang No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan, hal tersebut memperkuat eksistensi bank syariah yang saat ini sudah berkembang pesat.
Salah satu bank milik pemerintah pertama yang melandaskan sistem operasionalnya pada prinsip syariah yaitu Bank Syariah Mandiri. Walaupun BSM baru berdiri tahun 1999 tapi keberadaannya di dunia perbankan sudah diakui oleh para pelaku bisnis perbankan. Hal tersebut dikarenakan, BSM yang notabene sebagai bank syariah pertama milik pemerintah selalu menginovasikan produk-produknya seiring dengan tuntutan zaman untuk meningkatkan kepuasan nasabah.
Salah satu produk BSM terbaru yang baru launching tahun 2007 kemarin adalah BSM Mobile Banking GPRS (BSM MBG). Produk layanan tersebut merupakan saluran distribusi bank untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah melalui teknologi GPRS dengan sarana telepon selular (ponsel). Jadi, dengan adanya layanan tersebut berbagai transaksi perbankan non-tunai bisa dilakukan dalam genggaman oleh para nasabah BSM tanpa harus beranjak dari tempat duduknya.
Dengan menggunakan akad wakalah dalam pelaksanaannya dan berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 10 tahun 2000, produk layanan tersebut di-launching-kan. Prosedur dan tata cara pelaksanaannya sangat mudah bahkan biaya layanannya pun lebih murah daripada menggunakan fasilitas SMS biasa. Makanya, fasilitas layanan BSM Mobile Banking yang berbasis GPRS ini menjadi salah satu alternatif dalam melakukan bisnis di dunia perbankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad wakalah; Mobile banking; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:14
Last Modified: 07 Dec 2020 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics