Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang (Studi Kasusdi Kelas IV Tahun Pelajaran 2010/2011)
Mustaghfiroh, Mustaghfiroh (2012) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang (Studi Kasusdi Kelas IV Tahun Pelajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911230_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (560kB) | Preview
093911230_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
093911230_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
093911230_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
093911230_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (120kB) | Preview
093911230_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
093911230_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh beberapa problematika pembelajaran yang ada di Madrasah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana problematika pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Amongrogo? (2) Usaha-usaha apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran Bahasa Arab ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Amongrogo. Madrasah Ibtidaiyah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan problematika pembelajaran bahasa Arab. Datanya diperoleh dengan cara observasi, interview, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data.
Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada bebarapa problematika yang dapat penulis identifikasi melalui observasi lapangan dan wawancara yang mendalam dengan kepala madrasah dan guru bahasa Arab berkaitan dengan problematika pembelajaran bahasa Arab di MI Islamiyah Amongrogo, yaitu:Problematika Linguistik yang meliputi : tata bunyi, kosa-kata, tata bahasa, dan tulisan. Problematika Non Linguistik terdiri dari : guru, siswa, metode, media dan lingkungan. (2) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi problematika antara lain : Usaha-usaha terhadap problematika yang berkaitan dengan Guru. Guru diupayakan untuk melanjutkan S 1 dan menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif melalui pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih aktif dan pembelajaran yang bermakna bagi pekembangan siswa.
Usaha-usaha terhadap problematika yang berkaitan dengan Siswa, metode dan media.Guru mengadakan program remedial teaching, memilih model pembelajaran yang dapat memberikan motivasi belajar siswa, serta madrasah diharapkan mampu bekerja sama dengan Komite Madrasah untuk menggali dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Usaha-usaha terhadap problematika yang berkaitan dengan lingkungan. Pihak sekolah melakukan pertemuan dengan orang tua siswa secara khusus atau melalui rapat-rapat yang melibatkan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 03:22 |
Last Modified: | 24 Mar 2014 08:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year