Pembelajaran moving class system melalui pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran PAI di SMA Semesta Semarang
Fuadah, Lina (2007) Pembelajaran moving class system melalui pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran PAI di SMA Semesta Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.
3100179fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengembangan
pembelajaran PAI dalam pembelajaran moving class system melalui pembelajaran
partisipatif di SMA Semesta Semarang, (2) Peran guru dan siswa dalam proses
belajar mengajar pelajaran PAI dalam pembelajaran moving class system melalui
pembelajaran partisipatif di SMA Semesta Semarang, (3) Faktor-faktor penunjang
dan penghambat dalam pengembangan pembelajaran moving class system melalui
pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran PAI di SMA Semesta Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode
penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan disimpulkan dengan
metode induktif serta dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran moving class system
melalui pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran PAI di SMA Semesta
Semarang terwujud dalam lima bentuk metode pembelajaran yaitu belajar
kelompok, brainstorming (curah pendapat), diskusi kelompok, demonstrasi dan
jigsaw. Secara umum metode ini diterapkan melalui enam tahapan yakni
pembinaan keakraban, identifikasi kebutuhan, sumber dan kemungkinan
hambatan, perumusan tujuan belajar, penyusunan program kegiatan belajar,
pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian proses, hasil serta pengaruh
kegiatan pembelajaran. Pada prakteknya, kegiatan pembelajaran PAI melalui
metode-metode pembelajaran moving class system partisipatif sudah hampir
mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam bentuk
tertulis meliputi rencana pembelajaran dan penyusunan daftar kelompok. Begitu
juga pelaksanaannya dalam proses belajar mengajar telah melalui enam tahapan
sebagaimana diatas, hanya saja dalam menerapkan metode jigsaw guru membagi
pecahan materi kepada kelompok untuk dipelajari kemudian dipresentasikan di
depan kelas bukan kepada masing-masing anggota dalam kelompok kemudian
dipadukan dalam kelompok tersebut setelah dibahas lebih detail dan mendalam.
Sedangkan evaluasi yang digunakan sudah mencakup ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik siswa dimana guru selaku bekerjasama dengan wali kelas akademik
dan rehbelik untuk memantau perkembangan keagamaan siswa baik di sekolah
maupun di asrama.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi
dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak
yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; pendidikan agama islam; SMA |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Chusnul Adib Achmad |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 09:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 09:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11887 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year