Model penilaian berbasis portofolio pada mata pelajaran PAI di SDN Siliwangi 01 Semarang

Ustadziyah, Roudlotun (2007) Model penilaian berbasis portofolio pada mata pelajaran PAI di SDN Siliwangi 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_3100186_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100186_Skripsi_Lengkap)
3100178fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) model penilaian hasil belajar
PAI; (2) model penilaian berbasis portofolio pada mata pelajaran PAI; (3) alasan
penggunaan model penilaian berbasis portofolio pada mata pelajaran PAI.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis,
pengumpulan data menggunakan instrumen interview, observasi dan dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penilaian
yang digunakan oleh guru PAI di SDN Siliwangi 01 Semarang adalah model
penilaian yang menggunakan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Guru
Agama juga menggunakan model penilaian berbasis portofolio yang mengacu pada
prinsip penilaian proses dan hasil yang dilakukan secara berkala, berkesinambungan
dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan
pengetahuan, sikap dan ketrampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dan
dokumentasi pengalaman belajarnya. Dalam pelaksanaan model penilaian berbasis
portofolio, guru agama melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan
kompetensinya sebagai penunjang keberhasilan pelaksanaan pendidikan diantaranya
dengan mengikuti berbagai pelatihan dan penataran yang diadakan oleh Depdiknas.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan
masukkan bagi pihak sekolah, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak
yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model penilaian; portofolio; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Dec 2020 09:17
Last Modified: 12 Jul 2021 13:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics