Pengaruh Pengamalan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa di SMP Al-Huda Semarang Tahun Ajaran 2006/2007
Azizah, Nur (2009) Pengaruh Pengamalan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa di SMP Al-Huda Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3102209 nur azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Nur Azizah (NIM: 3102209). Pengaruh Pengamalan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa di SMP Al-Huda Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah pengamalan keagamaan siswa (X); 2) Bagaimanakah prestasi Belajar PAI siswa (Y); 3) Adakah pengaruh pengamalan keagamaan (X) terhadap prestasi Belajar PA1 siswa (Y) di SMP Al-Huda Semarang tahun ajaran 2006/2007.
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 50 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X dan informasi dokumenter prestasi belajar PAI untuk menjaring data Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara pengamalan keagamaan dengan prestasi belajar PAI siswa, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,422 dengan rt = 0,361 pada taraf signifikansi 1 % dan rt = 0,279 pada taraf signifikansi 5% serta thitung = 3,226 dengan ttabel (0,01) 48 = 2,690 dan ttabel (0,05) 48 = 2,014. (2) Pengamalan keagamaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa, ditunjukkan oleh harga Freg = 10,377 dengan F0,01(1;48) = 7,19 dan F0,05(1;48) = 4,04 melalui fungsi taksiran Y = 52,108 + 0,304X.
Berdasarkan basil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, para siswa dan para tenaga pengajar mata pelajaran PAI khususnya di SMP Al-Huda Semarang, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar; Pengalaman keagamaan; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 03:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11895 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year