Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an dan Hadist Siswa dengan Metode Drill and Practice pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang

Maimunah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an dan Hadist Siswa dengan Metode Drill and Practice pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911237_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911237_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911237_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911237_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911237_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911237_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911237_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 093911237_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911237_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Proses pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist yang terjadi Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang siswa kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan benar dilihat dari ketuntasan membacanya selama setahun belakangan ini hanya 60% dari jumlah peserta didik, ini sebabkan karena guru terlalu dominan dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan tidak memperhatikan secara individu perkembangan bacaan siswa. Salah satu metode alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas metode Drill and Practice.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan Metode Drill and Practice pada pembelajaran membaca Al-Qur’an dan Hadist di Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang? 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan Hadist siswa Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang setelah menggunakan metode Drill and Practice?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Drill and Practice pada pembelajaran membaca Al-Qur’an dan Hadist di Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang dilakukan dengan menyuruh siswa membaca bersama dan saling menyimak maupun membaca secara individu maupun kelompok dan saling menyimak, begitu juga proses pembelajaran juga dilakukan dengan guru membentuk kelompok diskusi serta melakukan proses diskusi dan Tanya jawab sehingga siswa lebih aktif untuk melakukan proses pembelajaran. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang setelah menggunakan metode Drill and Practice dapat dilihat dari hasil kemampuan membaca siswa dimana pada pada pra siklus 23,5% menjadi 35,3% pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu 70,6% dan pada siklus III sudah mencapai 88,2%. Peningkatan juga bisa dilihat dari keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I 41,2% dan pada siklus II 76,5% dan di siklus III sudah mencapai 82,4%. Ini menunjukkan keaktifan belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an dan Hadist; Membaca Al-Qur'an; Drill and Practice
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:23
Last Modified: 24 Dec 2013 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics