Konsep pendidikan lingkungan relevansinya dengan pendidikan islam.
Muslikhah, Muslikhah (2007) Konsep pendidikan lingkungan relevansinya dengan pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3100222fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui konsep pendidikan lingkungan, (2)
Untuk mengetahui hal ihwal pendidikan Islam, (3) Untuk mengetahui relevansi
konsep pendidikan lingkungan dengan pendidikan Islam
Metode Penelitian: (1). Jenis penelitian berupa penelitian kepustakaan (Library
Riset (2) Pendekatan penelitian berupa pendekatan deduktif, (3). Metode
pengumpulan data menggunakan dokumen yaitu berupa sumber sekunder berupa
buku tentang pendidikan lingkungan dan buku-buku pendidikan Islam. Dan data
skunder yaitu berupa buku-buku, artikel, atau koran yang mendukung data Primer.
(4) Metode Analisis diantaranya: a) Content analysis Dalam metode ini peneliti
akan mengungkapkan arti pendidikan lingkungan dalam pendidikan Islam,
sehingga terjadi kesadaran pada peserta didik untuk menjaga lingkungan hidup.
c) Metode Reflektif thinking, digunakan untuk melihat relevansi antara
pendidikan lingkungan dengan Pendidikan Islam (.Metode ini digunakan dalam
mengungkapkan kajian pendidikan lingkungan dan Pendidikan Islam sehingga
ditemukan satu formulasi kajian arti penting pendidikan lingkungan dalam kajian
pendidikan Islam.
Hasil penelitain 1) Pendidikan lingkungan merupakan proses bimbingan atau
pimpinan yang ditujukan untuk membantu mengembangkan pemahaman
(pengertian), kesadaran dan tanggung jawab peserta didik untuk melestarikan
lingkungan alamnya. Adapun yang dimaksud pendidikan lingkungan dalam
skripsi ini tidak terbatas pada pendidikan formal saja tetapi juga pendidikan nonformal
yang kurikulumnya biasa seperti pendidikan sewajarnya, namun dalam
proses pengajarannya selalu menekankan pada tumbuh dan berkembang
kesadaran untuk melestarikan lingkungan. 2) Pendidikan Islam adalah proses
mengembangkan seluruh potensi baik lahir maupun batin menuju pribadi utama
(insan kamil) yaitu manifestasi “khalifah dan abdi” dengan mengacu dua sumber
pokok ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits. Materi Pendidikan Islam harus
diarahkan untuk mencapai tujuan Pendidikan Islam, begitu juga metodenya harus
melalui prinsip-prinsip yang tidak keluar dari aturan Al-Qur’an dan Al-Hadits dan
disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik. selain itu Pendidikan Islam
perlu di terapkan dengan penuh kesadaran jiwa 3) Pandangan Islam terhadap
pendidikan Islam tidaklah berbeda dari pandangan mutakhir, di mana ia
memandang pendidikan dengan pandangan menyeluruh mengajak kepada
kebutuhan (takamul) pengalaman yang menghendaki segala sesuatu di sekolah
dan di berbagai lingkungan. maka dalam proses pembelajaran dibutuhkan
formulasi baru yaitu bagaimana siswa dapat merasakan langsung pembelajaran
yang disampaikan dan tidak hanya teori dan ceramah yang memberikan bayangbayang
atau angan-angan belaka, salah satu alternatif yang dapat diberikan yaitu
dengan memberikan pendidikan lingkungan karena pada dasarnya Di samping
manusia diciptakan untuk menjadi “Abdullah”, tujuan lainnya yaitu tujuan yang
berkaitan dengan kepentingan bumi dan segala isinya. Tujuan tersebut
diwujudkannya dengan mengangkat manusia sebagai khalifah (penguasa) di muka
bumi. Manusia telah ditunjuk oleh Allah sebagai mandatarisnya untuk
melestarikan dan memelihara lingkungan, hal ini berarti memelihara dan
melestarikan lingkungan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan
pengingkaran terhadap kewajiban itu, sebagaimana tujuan pendidikan Islam yang
yaitu membina manusia secara pribadi dan kelompok, sehingga mampu
menjalankan fungsinya sebagai hamba dan khalifah-Nya, guna membangun dunia
ini sesuai dengan konsep yang diterapkan Allah SWT, atau dengan kata yang
lebih singkat dan sering digunakan Al-Qur’an yaitu untuk bertaqwa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan
masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua
pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep pendidikan; pendidikan agama islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Chusnul Adib Achmad |
Date Deposited: | 09 Dec 2020 07:25 |
Last Modified: | 09 Dec 2020 07:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11952 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year