Achyana, Nurul (2007) Studi kritis terhadap pendapat Imam Malik tentang tidak diwajibkan saksi dalam akad nikah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2102288_Skripsi lengkap]
Preview
Text (NIM_2102288_Skripsi lengkap)
2102288_Skripsi lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahan menurut Islam merupakan susunan akad yang suci dan memenuhi rukun-rukun serta syarat-syarat di antaranya adanya calon suami, calon istri, wali, dua orang saksi, serta ijab dan qabul. Islam sangat memperhatikan masalah pernikahan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya ayat-ayat Al-Qur’an serta hadits-hadits yang membahas tentang pernikahan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pendapat Imam Malik tentang tidak diwajibkan saksi dalam akad nikah serta apa yang menjadi landasan Imam Malik tentang tidak diwajibkan saksi dalam akad nikah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu dengan cara menguraikan masalah yang sedang dibahas secara teratur mengenai seluruh konsep pandangan tokoh yang bersangkutan, dalam hal ini adalah Imam Malik. Dan menggunakan pendekatan historis yaitu pendekatan yang mengacu pada sejarah tentang munculnya pendapat tidak wajib saksi dalam akad nikah.
Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dapat diketahui bahwa Imam Malik tidak mewajibkan saksi pada waktu akad nikah berlangsung, tetapi hanya menganjurkan saja dan akad yang dilakukan tanpa hadirnya saksi tetap sah. Imam Malik berpendapat saksi wajib hadir pada waktu dukhul (percampuran suami istri, karena saksi di sini sebagai i’lan (pemberitahuan). Landasan hukum yang dipakai oleh Imam Malik adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Imam Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Saksi; Akad; Nikah; Imam Malik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:03
Last Modified: 10 Dec 2020 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics