Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Semarang
Nugroho, Hery (2012) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Hery Nugroho_Sinopsis Tesis.pdf
Download (325kB) | Preview
Abstract
Negara besar harus dilandasi karakter yang kuat. Semakin rendah karakter sebuah negara pasti akan mudah terombang ambing. Diantara cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan implementasi Pendidikan Karakter (PK) di sekolah. Pelaksanaan PK tidak hanya dilakukan satu mata pelajaran, tetapi juga semua mata pelajaran. Selain itu juga melalui pengembangan diri dan budaya sekolah. Dalam penelitian ini lebih menfokuskan pada pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi PK dalam PAI di SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, karena metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena penelitian ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah di mana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Hasil temuan penelitian ini adalah perencanaan PK dalam PAI di SMA Negeri 3 Semarang dilakukan saat penyusunan perencanaan pembelajaran. Penyusunan rencana pembelajaran dalam bentuk pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan PK dalam PAI di SMA Negeri 3 Semarang menggunakan dua cara, yakni kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Dalam implementasinya, PK dalam PAI tidak jauh berbeda dengan sebelum adanya pendidikan karakter. Perbedaannya dalam perencanaan pembelajaran ditambah dengan kolom pendidikan karakter. Kebijakan pendidikan karakter dalam PAI di SMA Negeri 3 Semarang melalui tiga cara, yakni mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah.
Evaluasi pelaksanaan Pendidikan karakter dalam PAI meliputi: input (masukan), process (proses), output (hasil), dan outcomes (dampak). Input pelaksanaan (siswa maupun guru) termasuk baik. Dalam proses pelaksanaan, dalam pembelajaran PAI memasukkan delapan belas nilai karakter. Hasilnya siswa mempunyai pengetahuan dan kebiasaan nilai-nilai karakter. Adapun dampak pelaksanaan pendidikan karakter dalam PAI bagi siswa adalah memberikan motivasi untuk selalu berbuat jujur setiap saat, tidak berbohong dengan siapapun, lebih menghormati yang lebih tua, bersyukur atas apa yang telah diterima, tidak menyakiti perasaan orang lain, lebih meningkatkan ibadah, karena nanti ada kehidupan akhirat, menghargai karya orang lain, merubah sikap yang kurang menjadi lebih baik, mengetahui menjadi pemimpin masa depan yang kuat, terlatih untuk membuat tugas kreatif dalam membuat tugas, siswa dilatih berfikir mandiri, peduli lingkungan melihat teman yang membutuhkan bantuan.
Adapun sarannya adalah pemerintah konsisten dengan kebijakan PK di sekolah, sekolah terus semangat dalam meningkatkan kualitas PK, guru PAI tiada bosan mengingatkan kepada siswa agar melaksanakan PK. Selain itu keteladanan guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pendidikan Akhlak, Character Education |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 08:42 |
Last Modified: | 03 Sep 2013 08:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year