Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Musyarakah pada BMT Marhamah Wonosobo
Ependi, Akhmad (2013) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Musyarakah pada BMT Marhamah Wonosobo. Diploma thesis, IAIN Walisongo.
102503004_coverdll.pdf - Supplemental Material
Download (162kB) | Preview
102503004_bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
102503004_bab2.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
102503004_bab3.pdf - Accepted Version
Download (134kB) | Preview
102503004_bab4.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
102503004_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Problematika kehidupan manusia selalu dilatarbelakangi dengan keadaan perekonomian yang semakin sulit. Mulai dari petani kecil, pengusaha kecil, pedagang kecil, dan semua kegiatan yang berskala kecil. Mereka membutuhkan suatu bantuan berupa dana untuk memperlancar usahanya, maka BMT Marhamah mengembangkan produknya yaitu pembiayaan Musyarakah sesuai perkembangan dunia perbankan dalam target peningkatan keuntungan dan menyejahterakan masyarakat.
Permasalahan yang akan penulis teliti adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh BMT dalam memasarkan produk-produknya yang bertujuan untuk meningkatkan sumber dana dengan menargetkan sejumlah nasabah atau calon nasabah potensial sesuai dengan apa yang direncanakan. Metodologi penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu melalui studi pustaka dan lapangan di BMT Marhamah Wonosobo dalam bentuk dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Marhamah dengan cara mendatangi calon nasabah langsung dengan menawarkan produk di BMT Marhamah dan memberi penjelasan mengenai BMT, dengan membagikan brosur, menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah. Brosur merupakan alat pengenalan kepada calon nasabah, akan tetapi brosur bukan menjadi alat yang paling unggul untuk merekrut nasabah karena di BMT Marhamah Wonosobo lebih mengutamakan promosi dengan silaturahmi, dengan sistem kekeluargaan diharapkan akan timbul suatu kepercayaan dari pihak BMT maupun Nasabah. Pelayanan yang dilakukan tidak membuat nasabah kecewa, nasabah akan lebih senang ketika disambut dengan salam, sapa dan senyum dari karyawan BMT. Sistem pelayanan yang lebih diutamakan agar nasabah tidak berpaling pada lembaga lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Pembiayaan Musyarakah; Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Mohammad Kharisun |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 01:36 |
Last Modified: | 24 Dec 2013 01:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year