Pengaruh pola asuh otoriter orang tua dan persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMA Teuku Umar Kota Semarang

Hidayati, Lutfi (2018) Pengaruh pola asuh otoriter orang tua dan persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMA Teuku Umar Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_135112032_Lutfi_Hidayati]
Preview
Text (Tesis_135112032_Lutfi_Hidayati)
LUTFI HIDAYATI___135112032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian lapangan tentang (1) Pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku bullying siswa SMA Teuku Umar Kota Semarang. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap perilaku bullying siswa SMA Teuku Umar Kota Semarang. (3) Pengaruh pola asuh otoriter dan persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap perilaku bullying siswa SMA Teuku Umar Kota Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 175 responden dari 316 populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk menjaring data variabel (X ) yaitu pola asuh otoriter, variabel (X ) yaitu persepsi siswa tentang iklim sekolah, dan variabel (Y) yaitu perilaku bullying. 2 Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Dalam pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh otoriter memiliki pengaruh terhadap perilaku bullying. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yakni 6,001 > 1,974 atau signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05. (2) Persepsi siswa tentang iklim sekolah memiliki pengaruh terhadap perilaku bullying. Hal ini dibuktikan dengan nilai -t hitung < -t tabel yakni -10,374 < -1,974 atau signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (3) Pola asuh otoriter orang tua dan persepsi siswa tentang iklim sekolah secara bersama memiliki pengaruh terhadap perilaku bullying. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 64.591 dan p (signifikansi) sebesar (0.000) < 0.05 Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak, khususnya para orang tua, guru, psikolog pendidikan, psikolog sekolah, para konselor sekolah, yang banyak bersentuhan langsung dengan kasus bullying di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh otoriter; Iklim sekolah; Bullying; Sekolah Menengah Atas (SMA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:59
Last Modified: 28 Jul 2021 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics