Pengaruh perilaku beragama orang tua terhadap lingkungan pendidikan, konformitas teman sebaya dan keberagamaan remaja muslim di Kota Surakarta

Warsiyah, Warsiyah (2018) Pengaruh perilaku beragama orang tua terhadap lingkungan pendidikan, konformitas teman sebaya dan keberagamaan remaja muslim di Kota Surakarta. Dr/PhD thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of DISERTASI_1500039028_WARSIYAH]
Preview
Text (DISERTASI_1500039028_WARSIYAH)
DISERTASI_1500039028_WARSIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam baik secara formal maupun non-formal bertujuan untuk mengembangkan keberagamaan bagi peserta didik termasuk pada usia remaja. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh perilaku beragama ayah, perilaku beragama ibu terhadap lingkungan pendidikan. 2) Pengaruh perilaku beragama ayah, perilaku beragama ibu terhadap konformitas teman sebaya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui lingkungan pendidikan. 3) Pengaruh perilaku beragama ayah, perilaku beragama ibu dan lingkungan pendidikan terhadap keberagamaan remaja muslim baik secara langsung maupun tidak langsung melalui konformitas teman sebaya.
Penelitian ini melibatkan 5 variabel yang terdiri dari 2 variabel eksogen (Perilaku Beragama Ayah - X1 dan Perilaku Beragama Ibu - X2) dan tiga variabel endogen (Lingkungan Pendidikan – Y1, Konformitas Teman Sebaya – Y2, dan Keberagamaan Remaja Muslim – Y3). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang telah disusun oleh peneliti, kemudian diisi oleh 442 responden remaja muslim di Kota Surakarta yang dipilih secara claster purposif sampling. Data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur.
Uji analisis jalur menunjukkan bahwa: 1) perilaku beragama ayah, perilaku beragama ibu secara bersama-sama mempengaruhi lingkungan pendidikan secara signifikan. 2) Perilaku beragama ayah dan perilaku beragama ibu baik secara langsung maupun tidak langsung melalui lingkungan pendidikan tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap konformitas teman sebaya. 3) Perilaku beragama ayah dan perilaku beragama ibu secara langsung dan tidak langsung melalui lingkungan pendidikan dan konformitas teman sebaya tidak sepenuhnya mempengaruhi keberagamaan remaja muslim secara signifikan. Keempat variabel tersebut secara langsung mempengaruhi keberagamaan remaja muslim, begitu juga secara tidak langsung melalui lingkungan pendidikan, namun tidak signifikan melalui konformitas teman sebaya.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan beberapa hal. Pertama, perilaku beragama orang tua perlu ditingkatkan karena memberikan pengaruh yang besar dalam pembentukan keberagamaan remaja muslim. Kedua, perlunya penciptaan lingkungan pendidikan di sekolah yang islami sehingga dapat mendukung keberagamaan remaja muslim. Ketiga, perlunya pelibatan teman sebaya dalam upaya peningkatan keberagamaan remaja muslim.

ABSTRACT:

Islamic religious education both formally and non-formal aims to develop religiosity for students, including teenagers. Specifically, this study aims to examine: 1) The effect of father's religious behavior, mother's religious behavior on the educational environment. 2) The effect of father's religious behavior, mother's religious behavior towards peer conformity both directly and indirectly through the educational environment. 3) The effect of father's religious behavior, mother's religious behavior and the educational environment on Muslim Youth Religiosity both directly and indirectly through peer conformity.
This study involved 5 variables consisting of 2 exogenous variables (Father's Religion Behavior - X1 and Mother's Religious Behavior - X2) and three endogenous variables (Educational Environment - Y1, Peer Friend Conformity - Y2, and Muslim Youth Religiosity - Y3). Data collected using a questionnaire, filled by 442 Muslim Youth respondents in Surakarta City who selected by purposive sampling method. The collected data is analyzed using path analysis techniques.
Path analysis test shows that: 1) Father's religious behavior, mother's religious behavior significantly influence the educational environment. 2) Father's religious behavior and mother's religious behavior both directly and indirectly through the educational environment does not significantly influence peer conformity. 3) Father's religious behavior and mother's religious behavior directly and indirectly through the educational environment and peer conformity does not fully affect the Muslim Youth Religiosity significantly. These four variables directly affect the Muslim Youth Religiosity, as well as indirectly through the educational environment, but not significantly through peer conformity.
Based on the results of the study, researchers recommend several things. First, the religious behavior of parents needs to be improved because it gives a great influence in the formation of religious youth's religiosity. Second, the need for the creation of an educational environment in Islamic schools so that it can support the religiosity of Muslim youth. Third, the need for peer involvement in efforts to increase the religiosity of Muslim youth.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan remaja; Remaja muslim; Surakarta; Perilaku beragama orang tua; Lingkungan pendidikan; Teman sebaya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:24
Last Modified: 25 Jan 2021 08:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics