Pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat siswa SMK Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang

Khasanah, Hidayatul (2019) Pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat siswa SMK Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS__1600018036_Hidayatul_Khasanah]
Preview
Text (TESIS__1600018036_Hidayatul_Khasanah)
TESIS__1600018036_Hidayatul_Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menumbuhkan kecerdasan emosional dan konsep diri dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. Sebagaimana pertanyaan penelitian: 1) adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. 2) adakah pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. 3) adakah pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang, sebanyak 30 siswa. Sedangkan sumber primer adalah sumber utama tentang kecerdasan emosional, konsep diri, dan keprcayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. Dan sumber data sekunder yaitu data pendukung yang terkait kecerdasan emosional dan konsep diri dalam mengungkapkan pendapat siswa. Metode pengumpulan data yaitu angket dari kecerdasan emosional, konsep diri, dan kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. Sedangkan teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap keprcayaan diri dalam mengungkapkan pendapat siswa SMK Ma’arif NU 1Wonolopo Mijen Semarang sebesar 52,3%, begitu pula konsep diri memiliki pengaruh terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat siswa SMK Ma’arif NU 1Wonolopo Mijen Semarang sebesar 68,9%. Sementara kecerdasan emosional dan konsep diri memberikan pengaruh terhadap kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat siswa SMK Ma’arif NU 1Wonolopo Mijen Semarang sebesar 72,9%.

ABSTRACT:

This research is motivated by the importance of growing emotional intelligence and self-concept in order to increase self-confidence in expressing opinions. As the research questions: 1) is there any influence of emotional intelligence on self-confidence in expressing opinions. 2) is there any influence of self-concept on self-confidence in expressing opinions. 3) is there any influence of emotional intelligence and self-concept on self-confidence in expressing opinions simultaneously.
This research is a quantitative research. The sample in this study were students of class X SMK Ma'arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang, as many as 30 students. Whereas the primary source is the main source of emotional intelligence, self-concept, and self-confidence in expressing opinions. And secondary data sources are supporting data related to emotional intelligence and self-concept in expressing students' opinions. Data collection methods are a questionnaire of emotional intelligence, self-concept, and confidence in expressing opinions. While the analysis technique uses simple regression analysis techniques and multiple regression.
The results showed that there was an influence of emotional intelligence on self-confidence in expressing opinions of the Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang at 52,3%, as well as self-concept had an influence on self-confidence in expressing opinions of Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang at 68,9%. While emotional intelligence and self- concept influence the confidence in expressing the opinions of students of SMK Ma’arif NU 1 Wonolopo Mijen Semarang at 72,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Konsep diri; Kepercayaan diri; Mengungkapkan pendapat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:45
Last Modified: 28 Jul 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics