Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dalam meningkatkan standar pelayanan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga

Nahar, Nishfun (2019) Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dalam meningkatkan standar pelayanan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1703038023_nishfun_nahar]
Preview
Text (Tesis_1703038023_nishfun_nahar)
Tesis_1703038023_nishfun_nahar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu layanan pendidikan madrasah di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dalam Laporan Kinerja Kementerian Agama di Tahun 2014/2015 hanya 16.32% yang terakreditasi A, bahkan laporan di tahun 2011 menunjukkan hanya 0,7 % madrasah yang memiliki fasilitas penuh sesuai standar. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah adalah dengan menerapkan sistem penjaminan mutu internal yang di antaranya menggunakan konsep Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.
MI Istiqomah Sambas merupakan madrasah swasta di jenjang pendidikan dasar di Indonesia yang menjadikan sadar mutu sebagai visinya telah berhasil mengimplementasikan dan mengintegrasikan ISO 9001:2015 dalam sistem manajemen mutunya sehingga mampu memberikan layanan pendidikan dalam memenuhi harapan stake holders dengan prestasi-prestasi yang diraihnya dan memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah baik melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 dalam meningkatkan standar pelayanan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknis triangulasi yaitu dengan mengumpulkan data kemudian melakukan uji silang terhadap data materi yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan beberapa tahapan dalam implementasi ISO 9001:2015 di MI Istiqomah Sambas, antara lain: 1) tahap kajian awal 2) tahap penerapan sistem 3) tahap audit internal 4) tahap proses sertifikasi yang dalam pelaksanaannya berdampak pada pemenuhan standar pelayanan pendidikan yang diukur dengan standar pelayanan minimal, bahkan terjadi peningkatan antara sebelum penerapan SMM ISO 9001:2015 dan sesudahnya dengan membandingkan hasil penilaian akreditasi pada tahun 2013 dan tahun 2019.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen mutu; ISO 9001:2015; Standar pelayanan; Madrasah Ibtidaiyah (MI); MI Istiqomah Sambas; Purbalingga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:00
Last Modified: 19 Feb 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics