Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMP Islam Subhanah Kecamatan Subah Kabupaten Batang

Susilawati, Yuli (2019) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMP Islam Subhanah Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046025_YULI_SUSILAWATI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046025_YULI_SUSILAWATI)
SKRIPSI_1504046025_YULI_SUSILAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMP Islam Subhanah Kecamatan Subah Kabupaten Batang” yang bertujuan untuk menguji adakah hubungan Konsep diri negatif dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field reseach) korelatif. Peneliitian ini merupakan penelitian populasi karena sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII dan kelas IX yang berjumlah 38 siswa.
Dalam penelitian ini terdapat 68% siswa SMP Islam Subhanah kecamatan Subah Kabupaten Batang dengan konsep diri negatif rendah sedangkan 32 % dengan konsep diri negatif yang sedang. Adapun prestasi belajar siswa tinggi sebanyak 66% dan 34% dengan prestasi belajar yang sangat tinggi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan korelasi Kendall Tau diperoleh koefisien korelasi -0,255 dengan signifikasi 0,030 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ha diterima. Ini berarti ada hubungan yang negatif dan signifikan antara konsep diri negatif dengan prestasi belajar pada siswa SMP Islam Subhanah Kecamatan Subah Kecamatan Batang. Artinya semakin rendah konsep diri negatif maka semakin tinggi prestasi belajar siswa SMP Islam Subhanah Kecamatan Subah Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Prestasi belajar; Siswa; Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:40
Last Modified: 19 Jun 2021 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics