Penerapan terapi spiritual Islami pada penanganan penderita gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Sayung, Demak

Rahmah, Nada Aulia (2019) Penerapan terapi spiritual Islami pada penanganan penderita gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Sayung, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046067_NADA_AULIA_RAHMAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046067_NADA_AULIA_RAHMAH)
SKRIPSI_1504046067_NADA_AULIA_RAHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di dalam praktik kesehatan ada berbagai macam metode penyembuhan yang bisa dilakukan baik secara medis maupun non medis. Salah satu panti rehabilitasi sosial di demak menerapkan metode non medis dalam penanganan bagi penderita gangguan jiwa. Panti rehabilitasi tersebut adalah Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Sayung yang menggunakan pendekatan spiritual dalam menangani penderita gangguan jiwa.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami, mengidentifikasi dan menjelaskan 1. Bagaimana pelaksanaan terapi spiritual Islami untuk penanganan penderita gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Sayung Demak? 2. Apa peranan terapi spiritual Islami dalam menangani penderita gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Sayung Demak?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Dengan analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode terapi Spiritual Islami yang dilakukan di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok berupa mandi malam, sholat malam, zikir, ceramah keagamaan, dan terapi herbal. Peranan terapi spiritual Islami dalam mengobati penderita gangguan jiwa adalah sebagai pembersihan jiwa penderita gangguan jiwa karena jiwa yang sakit berisi sifat-sifat tercela maka terapi spiritual hadir sebagai sarana membersihkan jiwa tersebut sehingga cahaya Ilahi bisa hidup kembali di jiwa pasien gangguan jiwa sehingga pasien dapat melakukan aktivitas keseharian, melaksanakan ibadah dengan kesadaran diri sendiri dan mampu mengelola emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi spiritual Islami; Penderita gangguan jiwa; Panti rehabilitasi sosial
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:59
Last Modified: 19 Jun 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics