Keterampilan generik sains melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan sustainbility issues pada materi polimer di SMK N 7 Semarang

Febrianti, Caca (2019) Keterampilan generik sains melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan sustainbility issues pada materi polimer di SMK N 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503076019_CACA_FEBRIANTI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503076019_CACA_FEBRIANTI)
SKRIPSI_1503076019_CACA_FEBRIANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan generik sains berpendekatan sustainability issues. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design dan bentuk nonequivalent control group design. Pada kelompok eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan pada kelompok kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel secara cluster randomsampling. Metode pengumpulan data melalui soal tes essay, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitiandianalisis secara kuantitatif. Rata-rata keterampilan generik sains kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,00 dan 65,12. Uji peningkatan dengan N-gain keterampilan generik sains diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelaskontrol berturut-turut adalah 0,52 (kategori sedang) dan 0,32 (kategori sedang). Berdasarkan uji pihak kanan (uji t) padataraf signifikansi 5% dan derajat keabsahan 69, diperoleh thitung= 5.440 lebih dari ttabel= 1,667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik sains (Pengamatan langsung, bahasa simbolik, dan inferensi logika) dengan model pembelajaran PjBL dan berpendekatan sustainability issueslebih besar daripada keterampilan generik sains dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sains; Pembelajaran berbasis proyek; Sustainbility issues; Polimer
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:07
Last Modified: 18 Nov 2021 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12284

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics