Penentuan cadangan premi asuransi jiwa seumur hidup joint life dengan metode fackler

Nurfikriani, Anggit (2019) Penentuan cadangan premi asuransi jiwa seumur hidup joint life dengan metode fackler. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of PENENTUAN CADANGAN PREMI ASURANSI JIWA SEUMUR HIDUP JOINT LIFE DENGAN METODE FACKLER]
Preview
Text (PENENTUAN CADANGAN PREMI ASURANSI JIWA SEUMUR HIDUP JOINT LIFE DENGAN METODE FACKLER)
SKRIPSI_1508046001_ANGGIT_NURFIKRIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara perusahaan dalam menentukan cadangan premi yang bertujuan untuk menangani apabila terjadi klaim. Salah satu perhitungan cadangan premi adalah cadangan Fackler, Metode Fackler merupakan salah satu perhitungan retrospektif. Perhitungan dengan metode Fackler menentukan nilai tunai anuitas menggunakan tingkat suku bunga yang telah diasumsikan, kemudian menghitung premi bersih tunggal dan premi bersih tahunan, dilanjutkan dengan menghitung cadangan akhir tahun ke t.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literasi dengan mengkaji sumber buku yang berkaitan dengan cadangan Fackler
Perhitungan ini menghasilkan suatu formula untuk menghitung cadangan premi pada tahun ke t+1. Cara kerja metode Fackler dimulai dengan menentukan nilai tunai anuitas menggunakan tingkat suku bunga yang telah diasumsikan menggunakan simbol-simbol komutasi, kemudian menghitung premi bersih tunggal, premi bersih tahunan, premi kotor tunggal, dan premi kotor tahunan dilanjutkan dengan menghitung cadangan akhir tahun ke t.
Nilai cadangan premi menggunakan metode Fackler untuk simulasi tingkat suku bunga 5,75% (BI 7-Day Repo Rate) dengan Tabel Mortalita Indonesia (TMI) 2011. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa performa metode Fackler lebih sederhana daripada menggunakan metode retrospektif, karena metode Fackler hanya menggunakan rumus komutasi D_xy dan C_xy, sedangkan perhitungan cadangan retrospektif memakai rumus komutasi D_xy, N_xy^ , C_xy, M_xy.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asuransi jiwa seumur hidup; Cadangan premi; Joint life; Metode Fackler
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:00
Last Modified: 05 Jun 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics