Motif konsumen muslim dalam pembelian produk milagros di kota Semarang
Makhmudah, Khoirika (2019) Motif konsumen muslim dalam pembelian produk milagros di kota Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.
Tesis_1500108015_Khoirika Makhmudah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Judul : MOTIF KONSUMEN MUSLIM DALAM
PEMBELIAN PRODUK MILAGROS DI KOTA
SEMARANG
Penulis : Khoirika Makhmudah
NIM : 1500108011
Setiap kegiatan terdapat motif yang mendorong seseorang untuk
melakukannya. Termasuk dalam kegiatan pembelian produk Milagros,
terdapat motif-motif yang mendorong para konsumen untuk membeli produk
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saka motif konsumen
muslim dalam pembelian produk Milagros di Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat studi
lapangan (field research), yaitu kegiatan penelitian yang mengkaji data,
dokumen, dan sumber lisan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Metode analisis yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi guna mendeskripsikan secara
menyeluruh dan mendalam mengenati motif konsumen muslim dalam
pembelian produk Milagros. Adapun sumber data yang digali adalah motif
apa sajakah yang mendorong konsumen muslim melakukan pembelian
produk Milagros di kota Semarang.
Penelitian ini menemukan beberapa motif yang mendorong konsumen
muslim melakukan pembelian produk Milagros di Kota Semarang. Pertama,
motif pembelian utilitarian. Motif yang pembeliannya didasarkan atas
pemenuhan kebutuhan perolehan manfaat. Adapun kebutuhan dan manfaat
yang ingin diperoleh di antaranya adalah manfaat kesehatan dan bisnis.
Kedua, motif pembelian hedonis. Motif yang pembeliannya didasarkan atas
pemenuhan emosional. Adapun aspek emosional yang ingin dipenuhi adalah
perasaan puas, cocok, ketenangan batin, dan perasaan subjektif lainnya.
Kata Kunci: Motif Pembelian, Konsumen Muslim, Produk Milagros
ABSTRACT
Title : MOTIF KONSUMEN MUSLIM DALAM
PEMBELIAN PRODUK MILAGROS DI KOTA
SEMARANG
Author : Khoirika Makhmudah
NIM : 1500108011
Every activity has a motive that encourages someone to do it. Included
in purchasing of Milagros product, there are motives that encourage
consumers to buy this product. This study aims to find out what the motives
of muslim consumer are in purchasing Milagros product in Semarang city.
This type of research is qualitative research and is a field research,
namely research activites that examine data, documents, and oral sources
through interviews, observation, and documentation. The analytical method
used is descriptive qualitative using a phenomenological approach to
describe thourughly and deeply the motives of muslim consumers in
purchasing Milagros product. The source of the data extracted is what
motives encourage Muslim counsumers to purchase Milagros product in the
city of Semarang.
This research found several motives that encourage Muslim
consumers to purchase Milagros products in Semarang City. First, the
motive for utilitarian purchases. The motives of the purchase are based on
meeting the needs of the acquisition of benefits. The needs and benefits to be
gained include health and business benefits. Second, the motive for hedonic
purchases. The motives for purchasing are based on emotional fulfillment.
The emotional aspects to be fulfilled are feelings of satisfaction,
compatibility, inner peace, and other subjective feelings.
Keyword: Purchasement Motives, Muslim Consumer, Milagros Product
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif; Pembelian; Konsumen Muslim; Produk; Milagros |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 60102 - Ekonomi Syariah (S2) |
Depositing User: | Alvian Dani Oze |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 08:51 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12294 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year