Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia
Hidayah, Zulfa (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi_1403016121_zulfa hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Islam adalah agama yang sangat memperhatikan pembinaan akhlak. Seperti halnya kehadiran Nabi Muhammad Saw. sebagai utusan Allah untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak mulia (akhlakul karimah) merupakan fondasi dasar sebuah karakter diri. Akhlaklah yang membedakan karakter manusia dengan makhluk lainnya. Tanpa akhlak mulia, manusia akan kehilangan derajatnya sebagai makhluk Allah paling sempurna. Dalam menumbuhkan akhlak mulia diperlukan pembiasaan terus menerus dengan usaha yang sungguh-sungguh melalui bimbingan dan pendidikan. Menurut Mangun Budianto ada beberapa wujud lingkungan pendidikan yang dapat mempengaruhi pembentukan akhlak, satu diantaranya ialah dengan wujud kesusastraan. Karya sastra berupa tulisan dan buku-buku bacaan yang menyajikan cerita yang baik dan mulia akan menghasilkan nilai-nilai baik yang dapat dijadikan sebagai acuan tingkah laku dan membawa pengaruh terhadap pembentukan perilaku. Novel merupakan salah satu bagian karya sastra yang juga banyak diminati pembaca, satu diantaranya adalah novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Novel ini mengisahkan tentang permasalahan sosial yang pengarang wujudkan dalam persahabatan antara Rara dan Aldo dengan status sosial yang berbeda, saling membantu satu sama lain hingga berartinya untuk berucap rasa syukur atas anugerah yang telah Allah berikan. Melalui tema, karakter sifat dan kehidupan tokoh yang dikisahkan oleh pengarang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan jenis spesifikasi penelitian kualitatif menggunakan pendekatan content analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian dokumentasi dan wawancara kepada pengarang novel. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode hermeneutik dan analisis isi. Penulis mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak berdasarkan dengan ruang lingkup akhlak Islami yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada alam sekitar. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia berisikan nilai-nilai pendidikan akhlak seorang muslim yang menjalankan ajaran Islam baik berhubungan kepada Allah maupun kepada sesama makhluk- Nya. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang termasuk kategori akhlak kepada Allah meliputi beribadah kepada Allah, bertaqwa kepada Allah, berdzikir kepada Allah, berdoa kepada Allah, bertawakal kepada Allah, bersabar kepada Allah, dan bersyukur kepada Allah. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang termasuk kategori akhlak kepada sesama manusia meliputi akhlak kepada ayah, ibu, dan orang tua, akhlak terhadap saudara, dan akhlak kepada lingkungan masyarakat. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang termasuk kategori akhlak kepada alam sekitar adalah akhlak mencintai alam sekitar dengan memanfaatkan sesuatu hal yang terlihat tidak bernilai untuk dimanfaatkan kegunaannya bahkan bisa menghasilkan uang bagi kalangan bawah. Sampah bagi orang kaya bisa menjadi harta bagi orang miskin
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; Novel; Asma Nadia |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatma Hani Khulaidah |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 04:14 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 05:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12306 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year