Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang

Sulistiyowati, Sulistiyowati (2019) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036065_SULISTYOWATI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503036065_SULISTYOWATI)
SKRIPSI_1503036065_Sulistiyowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah sangat penting dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang (2) Bagaimana kendala kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah (3) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di MI Taufiqiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kendala-kendala dan upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah.
Pada kajian penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di MI Taufiqiyah sudah cukup baik. Kepala madrasah bersifat kekeluargaan, demokratis, prestatif, dan tegas. Kepala madrasah memiliki perilaku sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, inovator, dan motivator dalam meningkatkan mutu
pembelajaran. (2) Kendala kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah adalah sarana prasarana masih terbatas, dan guru yang kurang disiplin dalam waktu. (3) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah adalah dengan peningkatan keprofesionalisme guru, melakukan supervisi, dan memberikan motivasi kepada guru.
Saran untuk kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Taufiqiyah yaitu,
meningkatkan mutu pendidikan maupun pembelajaran, mengadakan ataupun menyediakan fasilitas pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran secara baik, kepala madrasah memberikan pembinaan terhadap guru yang belum disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala madrasah; Mutu pembelajaran; Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Elinda Izzatun Nada
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:05
Last Modified: 25 Mar 2021 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics