Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang

Sauqi, Mohammad Alif (2019) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036081_MOHAMMAD ALIF SAUQI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503036081_MOHAMMAD ALIF SAUQI)
SKRIPSI_1503036081_MOHAMMAD ALIF SAUQI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagian guru di lembaga sekolah dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam diri (internal) yaitu: kecerdasan, keterampilan, bakat, kemampuan, minat, motif, kesehatan, kepribadian, cita-cita dan tujuan bekerja dan faktor (eksternal) yaitu: lingkungan keluarga, lingkungan kerja, kepala sekolah dan sarana prasarana sekolah. Permasalahannya (1). Bagaimana kinerja guru di Mangkangkulon Tugu Kota Semarang. (2). bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian studi kualitatif lapangan. Analisis penelitian dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan, dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru melalui perannya sebagai edukator, manajer, supervisor, administrator, leader, innovator dan motivator yang berimplikasi pada kegiatan guru dalam mengajar materi
pembelajaran di kelas pada perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan memberikan motivasi pada peserta didik, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan KD dan mengevaluasi hasil pembelajaran dilakukan dengan memberikan tugas dan ulangan harian.
Simpulan dalam penelitian ini adalah secara umum guru
mengajar peserta didik dalam pembelajaran mengacu pada standar UU No. 14 Tahun 2005 dalam pasal 35 tentang guru dan dosen.
Saran dalam penelitian ini kepala sekolah lebih meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kinerja; guru; Kepala Sekolah; Madrasah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Elinda Izzatun Nada
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:41
Last Modified: 25 Mar 2021 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics