Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan kerjasama antara VHO (Virtual Hotel Operator) Airy Rooms dengan Guest House Griya Loka Semarang

Wahyuningrum, Tuti Siwi (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan kerjasama antara VHO (Virtual Hotel Operator) Airy Rooms dengan Guest House Griya Loka Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036018_TUTI_SIWI_WAHYUNINGRUM]
Preview
Text (SKRIPSI_1502036018_TUTI_SIWI_WAHYUNINGRUM)
SKRIPSI_1502036018_TUTI_SIWI_WAHYUNINGRUM.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (972kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya pangsa pasar dalam pemasaran kamar hotel yang sangat ramai pada saat ini yaitu salah satunya Airy. Pelaksanaan perjanjian yang dilakukan oleh Airy dan Guest House Griya Loka Semarang yang sepakat untuk kerjasama dalam pengelolaan bisnisnya. Akan tetapi dalam perjanjian tersebut pihak Guest House Griya Loka Semarang belum melaksanakan salah satu kewajibannya secara sempurna, pelanggaran tersebut berupa pemberian snack dan air minum serta seting kamar sesuai dengan standar Airy.
Dalam penelitian ini akan dirumuskan dalam dua masalah yaitu tentang bagaimana pengelolaan Guest House Griya Loka Semarang, dan bagaimana kerjasama Airy dengan Guest House Griya Loka Semarang.
Jenis penelitina ini adalah penelitian empiris yang berarti bahwa penelitian ini berfungsi untuk melihat hukum dalam arti nyata, serta meneliti bagaimana bekerjanya dalam disuatu lingkungan masyarakat.Untuk memperoleh data atau informasi dalam penulisan penelitian ini, penulis memilih metode penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dapat diartikan sebagai penelitian yang tidak mengadakan perhitungan. Sedangkan analisis data yang berhasil dikumpulkan akan dilakukan melalui tahap reduksi data yaitu penyaringan data yang dianggap perlu dalam penulisan, seanjutnya tahap penyajian data yang berkaitan dengan pembahasan dan yang terakhir yaitu pemberian kesimpulan dalam penelitian.
Praktik pengelolaan hotel syariah di Guest House Griya Loka berupa fasiltas ibadah yang disediakan Griya Loka Semarang kurang memadai karena belum disediakan tempat ibadah umum seperti mushola dan penyediaan alat sholat di dalam kamar. Selanjutnya mengenai kerjasama dengan Airy, Pelaksanaan kerjasama Airy dengan Guest House Griya Loka Semarang dalam kerjasamanya ada salah satu pihak yang belum melaksanakan salah satu kewajibannya yaitu belum diberikanya fasilitas yang harus diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Virtual Hotel Operator; Kerjasama Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nurul Arifah
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:25
Last Modified: 25 Mar 2021 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics