Pengembangan herbarium book dengan pemanfaatan lingkungan sekolah untuk menambah keterampilan belajar materi plantae siswa kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Kendal

Ayuni, Rohmania Sittah Fajar (2019) Pengembangan herbarium book dengan pemanfaatan lingkungan sekolah untuk menambah keterampilan belajar materi plantae siswa kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086013_ROHMANIA_SITTAH_FAJAR_AYUNI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503086013_ROHMANIA_SITTAH_FAJAR_AYUNI)
SKRIPSI_1503086013_ROHMANIA_SITTAH_FAJAR_AYUNI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Herbarium sebagai suatu koleksi spesimen tumbuhan yang diawetkan dapat digunakan sebagai suatu media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran biologi. Beberapa sarana untuk media pembelajaran masih terbatas sehingga diperlukan herbarium book yang dapat digunakan untuk membantu dalam mempelajari materi plantae. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tumbuhan yang digunakan sebagai herbarium bentuk daun dan untuk menganalisis kelayakan Herbarium book dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk MENAMBAH Keterampilan Belajar Materi Plantae Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Kendal. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dengan model pengembangan Sugiyono (2016). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan kuesioner (angket). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat 50 spesies tumbuhan yang digunakan sebagai herbarium awetan daun. Hasil penilaian atau validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa herbarium book bentuk daun mendapatkan kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase 87% dari ahli materi biologi, 80% dari ahli media, dan 89% dari guru biologi. Selain itu diperkuat dengan presentase 87% dari 35 peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Herbarium book; Lingkungan sekolah; Keterampilan belajar; Plantae; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:28
Last Modified: 26 Mar 2021 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics