Pengembangan modul interaktif berbasis Android pada materi fluida dinamis sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMA/MA kelas XI

Kusumo, Muhammad Ashadi (2019) Pengembangan modul interaktif berbasis Android pada materi fluida dinamis sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMA/MA kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133611039_MUHAMMAD ASHADI KUSUMO]
Preview
Text (SKRIPSI_133611039_MUHAMMAD ASHADI KUSUMO)
SKRIPSI_133611039_MUHAMMAD ASHADI KUSUMO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul interaktif berbasis android, dan pengaruh penggunaan modul interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa SMA/MA Kelas XI pada materi fluida dinamis.
Prosedur pengembangan mengacu pada penelitian pengembangan ADDIE (analisis, design, developmen, implementaton, dan evaluation) dengan alur yaitu: melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dengan mengalisis kebutuhan di lapangan, mendesain produk awal, mengumpulkan materi, menyusun materi dalam bentuk APK dengan melalui MIT APP Invetor secara online. Implementation dilakukan dengan memvalidasi prodak agar memenuhi standar kelayakan. Evaluasi dilakukan dengan merevisi produk berdasarkan kritik dan saran. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul interaktif berbasis android dilakukan uji coba dalam skala besar dengan menerapkan modul pembelajaran berbasis android di kelas XI MIA B MA Sholihiyyah mranggen.
Hasil validasi substansi materi mendapatkan kualitas sangat baik (SB) dengan persentase 91%, dan substansi desain media mendapatkan kualitas sangat baik (SB) dengan persentse 85%. Sedangkan uji pengaruh penggunaan modul oleh siswa, memperoleh hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen yaitu 87,59 dan kelas kontrol yaitu 79,33. Uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen diperoleh t_hitung=4,130 dan t_tabel=2,002, karena t_hitung>t_tabel, maka signifikan. Maka penggunaan modul berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Android; MIT APP Inventor; Fluida Dinamis; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Lena Lena
Date Deposited: 30 Mar 2021 13:16
Last Modified: 18 Dec 2021 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics