Argumentasi ilmiah dan SATCL (Student Attitudes Toward Chemistry Lessons) siswa kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan model pembelajaran poe bermuatan isu-isu sosiosaintifik pada materi koloid

Khuluk, Khusnul (2019) Argumentasi ilmiah dan SATCL (Student Attitudes Toward Chemistry Lessons) siswa kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan model pembelajaran poe bermuatan isu-isu sosiosaintifik pada materi koloid. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503076034_Khusnul Khuluk]
Preview
Text (Skripsi_1503076034_Khusnul Khuluk)
Skripsi_1503076034_Khusnul Khuluk.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran POE bermuatan isu sosiosaintifik pada
materi koloid terhadap Argumentasi Ilmiah dan SATCL
(student attitudes toward chemistry lessons)di kelas XI MIPA
MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Disain penelitian
menggunakan quasi experimental design dengan bentuk
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian
yaitu kelas XI MIPA. Sampel terdiri dari dua kelas sebagai
responden yaitu kelas XI MIPA-1 (kelas eksperimen) dan XI
MIPA-2 (kelas kontrol). Uji mann-whitney kemampuan
argumentasi ilmiah siswa dan SATCL (student attitudes toward
chemistry lessons) pada taraf signifikansi (sig.) 0,05, atau 5%
didapatkan nilai 0,00. Berdasarkan penelitian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah siswa
dan SATCL (student attitudes toward chemistry lessons) kelas
eksperimen dengan model pembelajaran POE bermuatan isuisu
sosiosaintifik lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan
model pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi
koloid. Uji N-gain kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas
eksperimen kategori sedang (0,56) dan kelas kontrol kategori
rendah (0,37). SATCL (student attitudes toward chemistry
lessons) diperoleh hasil antara kelas eksperimen kategori
sedang (0,63) dan kelas kontrol kategori rendah (0,06).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE; Isu-Isu Sosiosaintifik; Argumentasi Ilmiah; SATCL; Materi Koloid; Kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:07
Last Modified: 31 Mar 2021 12:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics