Argumentasi ilmiah dan SATCL (Student Attitudes Toward Chemistry Lessons) siswa kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan model pembelajaran poe bermuatan isu-isu sosiosaintifik pada materi koloid
Khuluk, Khusnul (2019) Argumentasi ilmiah dan SATCL (Student Attitudes Toward Chemistry Lessons) siswa kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan model pembelajaran poe bermuatan isu-isu sosiosaintifik pada materi koloid. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi_1503076034_Khusnul Khuluk.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (22MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran POE bermuatan isu sosiosaintifik pada
materi koloid terhadap Argumentasi Ilmiah dan SATCL
(student attitudes toward chemistry lessons)di kelas XI MIPA
MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Disain penelitian
menggunakan quasi experimental design dengan bentuk
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian
yaitu kelas XI MIPA. Sampel terdiri dari dua kelas sebagai
responden yaitu kelas XI MIPA-1 (kelas eksperimen) dan XI
MIPA-2 (kelas kontrol). Uji mann-whitney kemampuan
argumentasi ilmiah siswa dan SATCL (student attitudes toward
chemistry lessons) pada taraf signifikansi (sig.) 0,05, atau 5%
didapatkan nilai 0,00. Berdasarkan penelitian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah siswa
dan SATCL (student attitudes toward chemistry lessons) kelas
eksperimen dengan model pembelajaran POE bermuatan isuisu
sosiosaintifik lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan
model pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi
koloid. Uji N-gain kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas
eksperimen kategori sedang (0,56) dan kelas kontrol kategori
rendah (0,37). SATCL (student attitudes toward chemistry
lessons) diperoleh hasil antara kelas eksperimen kategori
sedang (0,63) dan kelas kontrol kategori rendah (0,06).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran POE; Isu-Isu Sosiosaintifik; Argumentasi Ilmiah; SATCL; Materi Koloid; Kimia |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 12:07 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 12:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12424 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year