Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi kelas XI MA Miftahul Ulum Weding 2019/2020
Zahro, Lilik Fatimatuz (2019) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi kelas XI MA Miftahul Ulum Weding 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi_1503076048_Lilik Fatimatuz Zahro.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di MA Miftahul Ulum Weding tentang rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi kimia dengan menerapkan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi serta hasil belajar peseta didik kelas XI MIPA 1. Sedangkan, subjek dari penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 30 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar diakhir siklus serta menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik pada masing-masing pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini telah mencapai kriteria yang menjadi batasan indikator keberhasilan penelitian yaitu terdapat peningkatan pada motivasi belajar peserta didik sebanyak 80% dan terdapat peningkatan hasil belajar pada nilai ketuntasan belajar klasikal sebanyak 75%, ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar kimia sebesar 10 % yaitu 83 pada siklus I menjadi 93 pada siklus II. Kuesioner motivasi belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan di setiap pertemuan yaitu 77% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan SETS memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam proses pembelajaran terutama pada peningkatan motivasi dan hasil belajar, serta penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi pendidik dalam memilih pendekatan saat mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society); Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 14:18 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 14:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12430 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year