Efektivitas model experiental learning terhadap pemahaman konsep dan Attitude Toward Chemistry Learning (ATCL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit

Fitriyani, Nurmita (2019) Efektivitas model experiental learning terhadap pemahaman konsep dan Attitude Toward Chemistry Learning (ATCL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503076050_Nurmita Fitriyani]
Preview
Text (Skripsi_1503076050_Nurmita Fitriyani)
Skripsi_1503076050_Nurmita Fitriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitia kuantitatif dengan menggunakan model pembelajaran experiential learning yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran terhadap pemahaman kossep dan attitude toward chemistry lessons (ATCL) peserta didik. Penelitian ini temasuk penelitian Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MA Al Asror degan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata posttest pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 73,750 dan rata posttest kelas kontrol sebesar 57,857. Hasil uji pihak kanan dengan mengguakan uji t-tes dihasilkan thitung=6,529>ttabel=1,673 dengan tarafsignifikan 5%. Hal ini juga didukung oleh nilai N-gain pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,58 (sedang) dan pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 0,296 (rendah). Sedangkan rata-rata attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas kelas eksperimen sebesar 79,143 dan rata-rata attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas kontrol sebesar 56,571. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model experiential learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektifmenigkatkan pemahaman konsep dan attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas X MA Al Asror Gunungpati Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; experiential learning; larutan elektrolit; pemahaman konsep; attitude toward chemistry lessons; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 30 Mar 2021 14:09
Last Modified: 31 Mar 2021 12:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics